anggrek merpati

Anggrek Merpati Jenis Anggrek Cocok Untuk Pemula


 

Posted on
Wednesday, December 26th, 2018
at 10:59 am

Author
Nenes

Category
Dendrobium Species

Anggrek Merpati merupakan salah satu anggrek dari genus Dendrobium. Anggrek Melati memiliki nama latin Dendrobium crumenatum. Anggrek ini cukup populer di kalangan anggrek karena keunikan bunganya yang menyerupai burung merpati terbang. Habitat anggrek Merpati ini sangat luas, karena jenis anggrek ini dapat ditemukan dari Indonesia, Singapura, Thailand, Filipina, hingga Papua. Anggrek Melati bisa tumbuh dan bertahan hidup di lingkungan mana pun, entah di dataran tinggi maupun di dataran rendah. Anggrek ini bahkan bisa ditemukan di cabang-cabang pohon di pinggir jalanan kota. Anggrek Melati memiliki ketahanan yang kuat terhadap cuaca kering, memiliki kemampuan untuk menghasilkan keiki (anakan) yang sangat tinggi, memiliki tingkat pertumbuhan akar dan tunas yang sangat cepat, serta memiliki ketahanan terhadap berbagai intensitas cahaya matahari. Karena kemudahannya dalam tumbuh dan berkembang, jenis anggrek ini banyak dibudidayakan oleh penggiat anggrek pemula.

Bagian sepal dan petal anggrek melati ini berwarna putih, dengan bentuk lidah (labellum) yang bervariasi. Warna bunganya putih dengan sedikit kekuningan, dan beraroma yang cukup menarik, terutama saat pagi hari. Aroma bunga anggrek ini dapat digunakan sebagai aroma terapi. Bunga anggrek merpati sering kali bermekaran di saat yang bersamaan. Anggrek Merpati akan mulai bermekaran bunga jika anggrek ini sudah mencapai tingkat dewasa, yang ditandai dengan jumlah umbi yang mencapai 5-6 buah, dengan kondisi ujung umbinya telah keluar tangkai yang berarti siap untuk pembungaan.

Hal yang paling mempengaruhi proses pembungaan anggrek merpati adalah perubahan suhu lingkungan yang terjadi secara mendadak, bisa berkisar dari 3-8 derajat Celsius. Jika perubahan suhu drastis ini sering kali terjadi dalam kisaran 3 minggu, maka anggrek merpati akan terangsang untuk mengeluarkan bunganya, ditandai dengan munculnya kuncup bunga yang siap untuk mekar. Perubahan suhu drastis bisa terjadi karena hujan yang cukup lebat atau saat turunnya hujan di musim kemarau. Perubahan suhu dadakan tersebut yang dapat merangsang mekarnya bunga anggrek merpati. Karena itu pula, sering didapati bermekarannya bunga anggrek merpati secara bersamaan di satu daerah, karena memang telah terjadi hujan lebat yang meliputi daerah tersebut.

Anggrek-lintang.com adalah media berbagi pemeliharaan tanaman hias pada umumnya dan tanaman anggrek pada khususnya.

 

 

Leave a reply

 
 
loading