tanaman merambat

Tanaman Merambat Untuk Memperindah Rumah


 

Posted on
Saturday, December 29th, 2018
at 8:35 pm

Author
Nenes

Category
Non Orchid

Tanaman merambat banyak yang memiliki bunga yang indah  tapi ada juga yang hanya berdaun. Namun mereka bisa dimanfaatkan sebagai tanaman penghias pagar, penutup tembok, penutup tiang atau sekedar sebagai tanaman pemanis ruangan. Cara tumbuhnya yang merambat dan bercabang dari titik penanamannya membuat tanaman ini dapat tumbuh menutupi tiap bagian dimana tanaman ini dirambatkan dan ini menambah keindahan tanaman tersebut untuk para pecinta tanaman rambat. Tanaman rambat sendiri dibagi menjadi 2 golongan. Yang pertama adalah tanaman rambat yang merambat dengan sendirinya dikarenakan akarnya yang melekat pada media rambatnya. Sedangkan yang kedua adalah tanaman rambat yang perambatannya disengaja sehingga diperlukan media bantu perambatan dari kawat atau bahan lain. Dibawah ini akan dibahas beberapa contoh tanaman rambat seperti Strophanthus Gratus, Ivy, Mandevilla, Lee Kwan Yu dan Passiflora

  1. Strophanthus Gratus. Jenis tanaman merambat ini merupakan tanaman berkayu yang memiliki bunga seperti terompet berwarna merah muda, gambar diatas adalah jenis bunganya.  Tanaman ini berasal dari Afrika tapi telah adaptif dengan iklim Indonesia. Sangat cantik di jadikan tanaman rambat untuk mempercantik halaman anda.
  2. Ivy Tanaman merambat Ivy atau juga disebut Hedera Helix termasuk tanaman menjalar dengan daun berbentuk segitiga. Tanaman ini berasal dari Eropa dan banyak dijual sebagai daun potong. Namun tanaman ini lebih menarik jika dijadikan tanaman penghias pohon natal. Karena tanaman ivy bisa rimbun diatas penopangnya. Ivy merupakan tanaman beracun yang bila termakan, getahnya bisa mengakibatkan alergi pada kulit yang sensitif.
  3. Mandevilla. Tanaman merambat mandevilla memiliki bunga yang warnanya menarik seperti pink, putih, dan merah. Mandevilla bagus untuk rumah berpagar rendah karena bunga ini mengarah ke atas dan kesamping sehingga nampak cantik bila dilihat dari atas. Mandevilla menyukai sinar matahari penuh dan air yang cukup. Mandevilla juga menyukai tanah yang gembur dan porus.
  4. Lee Kwan Yu. Tanaman rambat lee kwan yu merupakan tanaman rambat yang banyak digemari saat ini karena selain rimbun dan hijau tanaman ini sangat bagus untuk ditanam menutup dinding atau biasa disebut tanaman vertical. Lee kwan yu selain harganya terjangkau, tanaman ini juga tahan panas maupun suhu lembab.
  5. Passiflora. Ciri utama passiflora adalah memiliki 5 kelopak, 5 benang sari, dan tiga tangkai putik. Dimensi bunganya memiliki diameter 5 cm. Pada batangnya passiflora memiliki bulu halus dan daunnya berbentuk oval pada bagian tepi yang bergerigi. Passiflora memiliki kurang lebih 22 spesies. Beberapa jenis passiflora yang populer adalah passiflora coccinea, passiflora violaceae, dan passiflora caerulea. Spesies yang banyak berkembang di Negara tropis seperti Indonesia adalah jenis coccinea atau  sering disebut passiflora bunga merah.

anggrek-lintang.com adalah media berbagi tentang pemeliharaan tanaman hias.

 

 

Leave a reply

 
 
loading