pohon sikas

Pohon Sikas Pelengkap Halaman Rumah Minimalis


 

Posted on
Monday, January 7th, 2019
at 11:42 pm

Author
Nenes

Category
Non Orchid

Pohon sikas atau juga populer dengan sebutan pakis haji adalah sekelompok tumbuhan berbji terbuka yang tergabung dalam marga pakis haji dan merupakan satu-satunya genus cycadaceae yang terdiri dari 75 spesies. Konon pohon sikas sudah ada sejak jaman dinosaurus. Habitat sikas tersebar di berbagai benua. Dan Indonesia termasuk habitat sikas khususnya di Sumatera. Orang Amerika menyebut sikas dengan fem palem karena batang dan daunnya mirip palem.  Sikas merupakan tumbuhan berumah dua sehingga ada sikas jantan dan sikas betina. Serbuk sari dihasilkan dari ujung batang sikas jantan. Sedangkan alat betina pada sikas muncul di ketiak daun. Walaupun disebut pakis namun sikas tidak termasuk tumbuhan berspora. Saat ini pohon sikas banyak dijadikan tanaman pelengkap halaman rumah minimalis karena ke eksotisannya.

Ciri umum pohon sikas adalah pada daunnya berwarna hijau gelap tapi mengkilap, bentuk daunnya seperti bulu dan tumbuh mengarah keluar dari batang. Panjang daun mencapai 75 cm bahkan bisa lebih dari itu. Batangnya berwarna cokelat dan berlonjot-lonjot yang menambah kesan anggun pada sikas. Namun pertumbuhan batangnya lumayan lambat, karena untuk sikas yang tinggi batangnya 1 meter ,berarti sikas tersebut telah hidup selama 10 tahun . Pertumbuhan sikas yang lamban ini memicu harga sikas menjadi mahal. Anakan sikas revolute biasanya dijual dengan harga  Rp. 75.000 – Rp. 150.000 per pot. Sedangkan sikas yang tingginya mencapai kurang dari 1 meter harga bisa mencapai 1 juta-3 juta, belum lagi jika sikas diimpor dari Meksiko dan Afrika maka harganya akan semakin mahal.

Namun agar sikas tumbuh subus ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika menanamnya. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa hal tersebut.

  • Sinar matahari, tanaman sikas akan tumbuh dengan baik bila tidak terkena sinar matahari secara langsung. Oleh karena itu disarankan meletakkan sikas ditempat teduh atau terlindungi. Karena sikas juga kerap menjadi tanaman penghias ruangan, maka cahaya yang dibutuhkan sikas adalah lampu berkekuatan 400 fc.
  • Media tanam, jika sikas ditanam didalam pot maka komposisi mediat tanam sikas adalah berupa tanah subur, pupuk kompos dan pasir dengan perbandingan 1:1:1.
  • Pemupukan, untuk meningkatkan kesuburan sikas perlu diberi pupuk yang terdiri dari 1,5 sendok the poshpat, satu sendok the pupuk NPK dan satu sendok makan kapur.

Anggrek-lintang.com adalah website catatan tentang pemeliharaan tanaman hias dan bunga bungaan

 

 

Leave a reply

 
 
loading