Rahayu Sumarni


 

Posted on
Wednesday, September 10th, 2014
at 6:30 pm

Author
admin

Category
Seller

Budhe Rahayu, begitu kami biasa memanggil beliau, mulai berkenalan dengan anggrek pada tahun 1972, ketika masih aktif bekerja pada salah satu lembaga Bahasa Inggris di Jakarta. Pada saat itu, Bu Rahayu sering melihat rangkaian bunga anggrek yang ditempatkan sebagai penghias lembaga bahasa tersebut. 

Ketertarikannya mulai bertambah, ketika mulai membuat sendiri rangkaian anggrek untuk rumah beliau. Bahkan ketika menikah, bouquetnya menggunakan anggrek cattleya warna putih bunga besar, demikian pula dengan hiasan kondenya, menggunakan Dendrobium hybrid 🙂

Kecintaannya akan anggrek dilanjutkan dengan mengoleksi berbagai macam dendrobium hybrid. Hingga tahun 2003, beliau mulai mengenal species, seperti Dendrobium anosmum dan Dendrobium discolor. Bersama dengan teman beliau, Ibu Santi Pieters, Bu Rahayu mulai berkenalan dengan senior-senior anggrek Indonesia, diantaranya adalah Pak Wira, Pak Milo, Pak Moling, Pak Ayub, Pak Rizal, dan Pak Tikno. Pada tahun-tahun tersebut Ibu Rahayu juga mulai bertemu dengan Pak Yusoff Alsagof dan Pak Adisak. 

Dari kolektor, kemudian Bu Rahayu memulai usaha bisnis anggrek. Anggrek yang dijual pertama kali diantaranya adalah jenis cattleya, vanda, dan dendrobium. Awalnya Bu Rahayu hanya menjual anggrek asli Indonesia, seiring dengan berjalannya waktu, Bu Rahayu juga mulai berjualan berbagai anggrek yang berasal dari luar Indonesia. 

Bu Rahayu merupakan salah satu anggreker senior saat ini. Rahayu Orchids adalah nama dagang dari Bu Rahayu. Sebut saja misalnya Dendrobium sutiknoi, Dendrobium lasianthera, Dendrobium aries, Dendrobium helix, Dendrobium tangerinum, Dendrobium violaceoflavens, Vanda metusalae, Vanda denisoniana, Cattleya aclandiae dan berbagai macam silangan seperti Dendrobium Bengawan Solo, Dendrobium Black Spider ada di nursery beliau.

Sebagai anggreker yang sudah cukup lama menggeluti dunia anggrek, beliau berharap pemerintah Indonesia ikut berperan aktif dalam pelestarian anggrek Indonesia, semisal dengan membudidayakan anggrek-anggrek asli Indonesia melalui instansi terkait. Beliau juga berharap agar kerusakan lingkungan yang mengakibatkan semakin langkanya anggrek Indonesia juga dapat diminimalisir.

Ingin tahu lebih lanjut tentang anggrek apa saja yang tersedia di Rahayu Orchids?  Teman-teman hobiis dapat menghubungi beliau di :

Rahayu Orchids
Cilangkap Jakarta Timur / PIC : Rahayu Sumarni, Mrs. / Phone : 08179807221 / FB :Rahayu Sumarni / email : rahayu.orchid@gmail.com / Pemasaran anggrek species dan hibrida

 

 

Leave a reply

 
 
loading