vanda tricolor

Vanda Tricolor Anggrek Vanda Spesies Indonesia


 

Posted on
Friday, November 16th, 2018
at 9:35 am

Author
admin

Category
Orchid

Vanda Tricolor merupakan anggrek jenis Vanda spesies asli Indonesia dan memiliki ciri fisik seperti; berbatang bundar, panjang, dan kokoh. Lebar daunnya yang kurang lebih berukuran 3 cm dengan panjang mencapai 45 cm, berbentuk pita dan memiliki sedikit lengkungan, ujung daunnya yang rumpang memiliki sudut tajam saling bergantian pada batang yang tumbuh dengan tegak. Satu tandan bunga anggrek yang tingginya mencapai 50 cm biasanya dapat menyangga 10-20 kuntum bunga. Kuntum bunga bisa mencapai diameter 10 cm dengan warna dasar antara putih dan kuning, corak totol berwarna cokelat hingga kuning, serta totol-totol merah keunguan.

Anggrek Vanda Tricolor dapat tumbuh dengan aroma harum yang sangat kuat apabila ditanam di daerah yang ketinggiannya 800 – 1700 mdpl, semakin turun ke dataran rendah aromanya akan semakin berkurang. Namun, spesies anggrek ini dapat beradaptasi pula pada ketinggian 200 – 300 mdpl.  Di tempat kami ada beberapa Vanda Tricolor yang berbunga di ketinggian 90 dpl dan berbunga harum, kuncinya adalah membeli Vanda ini nursery nursery Jakarta dan carilah Vanda tricolor yang berbunga sebagai bukti bahwa Vanda ini sudah beradaptasi di dataran rendah

Sebelum memulai menanam Anggrek Vanda Tricolor, perlu juga diperhatikan lingkungan tumbuh dari tanaman tersebut. Karena apabila lingkungan tumbuhnya tidak mendukung, maka dapat dipastikan akan muncul hal-hal lain yang juga akan tidak mendukung. Berikut ini beberapa faktor lingkungan yang harus diperhatikan dalam memelihara Anggrek Vanda:

  • Suhu yang tepat. Anggrek Vanda bisa tumbuh sempurna di daerah dengan suhu malam mencapai 22 – 26 derajat celcius, dan suhu siang hari mencapai 29 – 34 derajat celcius.
  • Cahaya matahari yang cukup. Jangan berikan Anggrek Vanda cahaya matahari langsung apalagi pada saat baru membeli dari nursery, tujuannya adalah agar daun anggrek tidak terbakar dan adaptasi bisa berjalan baik.
  • Kelembapan lingkungan sekitar. Anggrek Vanda membutuhkan tingkat kelembapan hingga 70 – 80%. Hal ini dikarenakan Anggrek Vanda tidak memiliki umbi semu dan hanya menyimpan sedikit air.

Ketiga faktor tersebut harus  disesuaikan supaya pertumbuhan Anggrek Vanda nantinya dapat berjalan dengan bagus. 

Http://www.anggrek-lintang.com adalah media catatan tentang perawatan tanaman hias pada umumnya dan bunga anggrek pada khususnya.

 

 

Leave a reply

 
 
loading