anggrek vanda

Merawat Anggrek Vanda Agar Cepat Berbunga


 

Posted on
Tuesday, November 6th, 2018
at 11:07 pm

Author
admin

Category
Orchid

Anggrek Vanda hybrid atupun spesiesnya  memiliki ciri fisik seperti; berbatang bundar, panjang, dan kokoh. Lebar daunnya yang kurang lebih berukuran 3 cm dengan panjang mencapai 45 cm, berbentuk pita dan memiliki sedikit lengkungan, ujung daunnya yang rumpang memiliki sudut tajam saling bergantian pada batang yang tumbuh dengan tegak. Satu tandan bunga anggrek yang tingginya mencapai 50 cm biasanya dapat menyangga 10-20 kuntum bunga. Kuntum bunga bisa mencapai diameter 10 cm dengan warna dasar antara putih dan kuning, corak totol berwarna cokelat hingga kuning, serta totol-totol merah keunguan.

Sebelum mulai menanam Anggrek Vanda, perlu juga diperhatikan lingkungan tumbuh dari tanaman tersebut. Karena lingkungan pertumbuhan bunga anggrek akan berpengaruh langsung terhadap kualitas bunga. Nah, berikut ini terdapat beberapa faktor lingkungan yang harus diperhatikan agar Anggrek yang anda pelihara dapat tumbuh dengan baik dan cepat berbunga:

  • Cahaya matahari yang cukup. Jangan berikan Anggrek Vanda cahaya matahari langsung, tujuannya adalah agar daun anggrek tidak terbakar dan proses fotosintesis dapat terjadi dengan baik. Cukup letakkan pada tempat yang teduh atau dibawah naungan.
  • Kelembapan lingkungan sekitar. Anggrek Vanda membutuhkan tingkat kelembapan hingga 70 – 80%. Secara umum, tanaman anggrek memang menyukai kelembaban tinggi dan hembusan angin yang cukup kencang. Sehingga perlu ada modifikasi lingkungan tempat tumbuh, agar diperoleh lingkungan yang lembab. Hal ini dikarenakan Anggrek Vanda tidak memiliki umbi semu dan hanya menyimpan sedikit air.
  • Menggantungkan Anggrek Vanda agar menempel dengan batang pohon lain. Sebagai tanaman epifit, tentu saja memerlukan media berupa tanaman lain untuk menempelkan akar-akarnya. Hal ini dilakukan untuk menjaga kelembaban anggrek. Namun Anggrek Vanda tetap harus disemprot dengan air secara konsisten juga setiap harinya.
  • Cek tanaman Anggrek Vanda setiap hari. Pemeriksaan terhadap tanaman anggrek harus dilakukan secara intensif setiap harinya, agar dapat langsung diidentifikasi kebutuhannya. Seperti misalnya akan dijumpai kondisi seperti akar yang telihat mengecil dan berbintik, hal tersebut menandakan tanaman haus dan perlu segera diberi air untuk menjaganya agar tetap lembab.
  • Untuk pupuk sendiri tidak ada merk yang spesifik, apabila di phase pertumbuhan bisa menggunakan pupuk yang kaya unsur N, bila sudah dewasa untuk memacu pembungaan bisa dilakukan pemupukan yang memiliki nilai P tinggi.

Faktor tersebut diatas merupakan hal yang harus diperhatikan untuk membuat anggrek vanda anda cepat berbunga. Blog http://www.anggrek-lintang.com adalah kumpulan catatan dari kami untuk para pecinta aneka tanaman hias.

 

 

 

Leave a reply

 
 
loading