Diplocaulobium sp.


 

Posted on
Wednesday, December 12th, 2007
at 2:38 am

Author
admin

Category
Diplocaulobium

Scientific Classification :
Kingdom : Plantae
Division : Magnoliophyta
Class : Liliopsida
Order : Asparagales
Family : Orchidaceae
Subfamily : Epidendroideae
Tribe : Dendrobieae
Subtribe : Dendrobiinae
Genus : Diplocaulobium

Distribution :
Malaysia, Australia & the Philippines
Diameter bunga :
hingga 2 cm

Diplocaulobium dibedakan dari genus dendrobium, genus ini mempunyai 1 daun pada tiap bulb, dan bunganya hanya bertahan 1 hari.

Catatan :

  • Media arang & moss
  • Mendapat cahaya 50%
  • Pemupukan dilakukan 3 (tiga) kali dalam seminggu
  • Penyiraman dilakukan apabila media hampir kering

Epiphyte type of orchids

Diplocaulobium in general :

Diplocaulobium adalah genus anggrek yang memiliki masa berbunga sangat pendek yaitu hanya berlangsung satu hingga dua hari saja, bahkan ada yang hanya beberapa jam saja dan ada pula yang hanya memperlihatkan sampai kuncup saja. Disamping bunganya, ada bagian lain yang juga berharga dari tanaman ini yaitu seratnya. Serat dari Diplocaulobium di daerah Papua New Guinea banyak digunakan dalam budaya tradisional misalnya untuk menghias tekstil, tali tas, gelang, dan hiasan kepala. Serat dari tumbuhan ini berwarna kuning. Diplocaulobium mempunyai sekitar 100 spesies. Contoh spesies dari genus ini adalah Diplocaulobium abbreviatum, Diplocaulobium aduncilobum, Diplocaulobium ajoebii, Diplocaulobiumangustitepalum, Diplocaulobium arachnoideum, Diplocaulobium araneola, Diplocaulobium aureicolor, Diplocaulobium begaudii, Diplocaulobium bidentiferum, dan Diplocaulobium brevicolle. Tanaman ini ditemukan di Papua New Guinea.

Spesies dari genus Diplocaulobium hidup secara epifit diantara pohon-pohon yang lebat dan tinggi di hutan. Tanaman ini membutuhkan cahaya yang cukup banyak dan suhu menengah yaitu minimal 55oF dan maksimal 85oF. Tanaman berbunga sepanjang tahun dengan pencahayaan antara 2500 hingga 3500 kaki candel. Penyiraman dilakukan sebanyak dua hingga tiga kali setiap minggu. Penyiraman selanjutnya dilakukan saat kondisi pot sudah benar-benar kering. Anggrek ini biasanya ditanam dalam media tanam berupa gabus atau dalam pot kecil dengan kelembaban yang tinggi. Diplocaulobium tidak membutuhkan istirahat di semua musim.

Tanaman ini memiliki banyak pseudobulbus dengan daun tumbuh tegak dan tunggal. Bunga mekar sebagai bunga tunggal dengan ukuran selubung panjang 5 hingga 10 milimeter. Diameter bunga kurang lebih antara 6 sampai 7 cm.Mahkota bunga terdiri dari 5 petal yang berbentuk langsing dan panjang. Meskipun secara garis besar dapat berbunga sepanjang tahun, tetapi tanaman ini paling berbunga baik saat musim semi dan gugur karena saat musim tersebut banyak bunga yang muncul bersamaan. Daun anggrek ini berbentuk lonjong dengan ujung tumpul. Ukuran panjang daun terbilang cukup panjang meskipun tidak lebar.

References :

  • www.orchidspecies.com
  • orchids.wikia.com
  • orchidaceous.net
  • theplantlist.org
  • andysorchids.com
 

 

Leave a reply

 
 
loading