Dendrobium igneoniveum

Dendrobium igneoniveum J.J. Sm 1927


 

Posted on
Thursday, March 12th, 2015
at 6:43 pm

Author
admin

Category
Dendrobium Species

Dendrobium igneoniveum  adalah jenis tanaman anggrek spesies keluarga section formosae mudah dikenali dengan adanya bulu bulu halus yang tumbuh sepanjang bulb. Jenis ini juga masuk kategori anggrek yang gampang gampang susah beradaptasi bila ditanam di Jakarta. Dendrobium ini berasal dari hutan pedalaman Sumatra, untuk mendapatkannya di Jakarta agak susah tidak banyak nursery yang memiliki jenis anggrek ini dikarenakan tidak populernya jenis ini dibanding dengan jenis dendrobium keritingan yang memang sudah sangat banyak di budidayakan. Apabila anda menginginkannya, anda bisa memesannya terlebih dahulu atau bisa membelinya secara online dari penjual penjual anggrek yang ada di Internet. Atau pada saat pameran Flona lapangan Banteng ada nursery yang membawa Dendrobium igneoniveum. Salah satu Dendrobium species  yang cantik dan layak untuk dijadikan koleksi.
 
Scientific Classification :
Kingdom : Plantae
Divison : Magnoliophyta
Class : Liliopsida
Order : Asparagales
Family : Orchidaceae
Genus : Dendrobium 
Flower size :
5 cm
Elevation :
from 700 m
Section :
Formosae
 
Catatan :
  • Media yang kami gunakan untuk menanam dendrobium ini adalah batang kayu mati, apabila sudah beradaptasi akar dendrobium ini akan secara otomatis bergerak menempel di batang kayu mati. 
  • Tanaman mendapat cahaya sekitar 75% dengan sedikit naungan pohon di halaman.
  • Aerasi cukup;
  • Penyiraman dilakukan apabila media kering terutama pada saat musim kemarau bisa disiram lebih sering.
  • Pemupukan dilakukan 3 (tiga) kali dalam seminggu menggunakan pupuk yang sesui dengan tahapan pertumbuhan tanaman anggrek. Pupuk disini menggunakan NPK, bila di fase pertumbuhan menggunakan pupuk yang kaya unsur N. Bila untuk pembungaan menggunakan pupuk yang kaya unsur P.

Epiphyte type of orchids

References :

Web  www.anggrek-lintang.com merupakan web catatan berisi tentang perawatan serta pemeliharaan tanamana hias pada umumnya dan bunga anggrek pada khususnya. D

Tags: , , ,

 

 

Leave a reply

 
 
loading