Coryanthes macrantha

Coryanthes macrantha [Hooker] Hooker 1831


 

Posted on
Wednesday, October 12th, 2016
at 9:50 pm

Author
admin

Category
Coryanthes, Orchid

Coryanthes macrantha merupakan jenis anggrek yang bukan berasal dari Indonesia, anggrek ini berasal dari Amerika Selatan. Coryanthes macrantha adalah anggrek dataran rendah yang juga tahan panas sehingga cocok bila ditanam di Jakarta yang panas ini. Jenis anggrek ini juga mudah beradaptasi sehingga proses pembungaannya juga tidak terlalu sulit. Untuk mendapatkan jenis anggrek ini adalah datang ke pameran SGF ( Singapore Garden Festival), berbagai nursery amerika selatan ikut membuka stand disini. 

Scientific Classification :

Kingdom : Plantae
Order : Asparagales
Family : Orchidaceae
Subfamily : Epindendroideae
Tribe : Maxillareae
Subtribe : Stanhopeinae
 
Flower Size :
13 cm
Distributions :
Trinidad & South America
Altitude :
Low land

Catatan :

  • Mendapat aerasi yang cukup;
  • Mendapat cahaya hingga 80%
  • Penyiraman dilakukan apabila media hampir kering, pada saat musim kemarau akan dilakukan penyiraman lebih sering.
  • Pemupukan dilakukan 3 (tiga) kali dalam seminggu dengan menggunakan pupuk yang berbeda merk, bisa menggunakan growmore ataupun gandasil tergantung dari kebutuhan tanaman.

Kami mencoba berbagai macam media untuk menanam anggrek ini. Dari papan pakis, di dalam pot dengan media arang hingga batang kayu;

Dari sekian banyak media, pertumbuhan maksimal ditemukan pada media arang. Dengan asumsi, tanaman mendapatkan semua persyaratan tumbuh (aerasi, kelembaban dan sinar matahari yang cukup).

Reference :

orchids.wikia.com 

Web http://www.anggrek-lintang.com adalah media berbagi perawatan aneka tanaman hias pada umumnya dan bunga anggrek pada khususnya. 

 

 

Leave a reply

 
 
loading