Arachnis


 

Posted on
Saturday, December 15th, 2007
at 6:07 pm

Author
admin

Category
Arachnis

Flower :
9 cm, bunga kuning atau hijau dng blotched coklat kemerahan;
Distribution :
Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, Peninsular, Malaysia, Philippine
Synonyms :

  • Epidendrum flosaeris L.
  • Aerides arachnites Sw.
  • Arachnis moschifera Bl.
  • Arachnanthe moschifera Bl.

Catatan :

  • Media tanah
  • Mendapat cahaya 75%-100%
  • Pemupukan 3 (tiga) kali dalam seminggu
  • Penyiraman dilakukan apabila media hampir kering
  • Selain pupuk, kami juga melakukan penyemprotan vitamin B1,insektisida, fungisida dan bakterisida apabila diperlukan.

Epiphyte type of orchid

Arachnis in general :

Arachnis adalah genus anggrek yang berasal dari daerah tropis seperti Malaysia, New Guinea, dan negara di Asia yang memiliki iklim tropis. Spesies anggrek dari genus ini juga sering disebut dengan anggrek kalajengking karena bentuknya sedikit mirip dengan kalajengking. Arachnis tumbuh dengan baik pada iklim yang hangat dan lembab. Tumbuhan ini dapat tumbuh dengan sinar matahari yang cukup dan mampu mentolerir sinar matahari penuh. Spesies dari genus ini biasanya tumbuh epifit, tetapi ada pula yang tumbuh memanjat.

Bentuk morfologi  tanaman ini nampak seperti persilangan antara Vanda dan Dendrobium. Beberapa jenis dapat tumbuh hingga 15 kaki dan membutuhkan tiang untuk mendukung tanaman. Tanaman ini memiliki satu batang utama atau disebut monopodial, tumbuh ke atas. Daun tergolong tebal, permukaan datar, berlapiskan lilin, dan bentuk pada kedua sisi silinder seperti tebu. Bunga biasanya hijau atau kuning kehijauan dan memiliki corak belang-belang. Bunga anggrek ini biasanya berbunga saat musim panas. Bunga berukuran relatif besar dan terdiri antara 10 hingga 12 kuntum bunga setiap tangkainya. Bunga tebal, berlilin dengan kelopak yang berbentuk berbeda dan terpisah.

Pemeliharaan tanaman dilakukan dengan menyemprot seluruh bagian tanaman mulai dari akar hingga daun tanaman. Selama cuaca dingin sebaiknya penyiraman dikurangi. Kelebihan air dan matahari penuh dapat membuat tanaman ini tidak berbunga. Apabila anggrek di tanam dalam media gabus, maka tanaman sebaiknya sering disiram. Apabila ditanam pada kulit kayu, maka penyiraman sebaiknya dilakukan satu sampai dua kali setiap minggu. Anggrek ini tumbuh lebih baik jika ditanam dalam media yang apabila disiram akan lembab tetapi tidak basah seperti kulit cemara.

Spesies yang paling terkenal dari genus Arachnis ini adalah Arachnis flosaeris dan Arachnis ahookeriana. Arachnis flosaeris berasal dari Malaysia. Arachnis flosaeris memiliki batang tebal dan merupakan anggrek yang tumbuh memanjat. Pada habitat aslinya, tumbuhan ini biasanya memanjat pada pohon besar. Bunganya berwarna kuning, hijau dengan garis ungu. Arachnis ahookeriana merupakan jenis anggrek yang tergolong berukuran kecil dan merupakan bunga yang penting dalam bisnis bunga potong. Jenis ini tergolong jarang di alam liar tetapi termasuk mudah dibudidayakan.

References :

  • www.orchidspecies.com
  • orchids.wikia.com
 

 

Leave a reply

 
 
loading