anggrek hitam

Anggrek Hitam Maskot Flora Kalimantan


 

Posted on
Wednesday, November 7th, 2018
at 5:21 pm

Author
admin

Category
Coelogyne, Orchid

Anggrek Hitam atau nama ilmiahnya Coelogyne pandurata, merupakan spesies anggrek dengan ciri batang yang berbentuk bundar panjang dan pipih, dengan panjang kurang lebih 10 – 15 cm. Pada umumnya, daun anggrek ini berbentuk jorong yang panjangnya sekitar 7 cm dan lebar 2 – 3 cm. Kelopak bunganya berwarna hijau pupus dengan labellum bunga berwarna hitam dan sedikit garis-garis hijau berbulu yang panjangnya mencapai 5 cm serta berbentuk lancip. Bunga dari Anggrek Hitam ini cukup harum dan biasanya mekar pada bulan Maret hingga Juni.

Persebaran tanaman ini berada pada hutan primer dengan kadar kelembaban yang cukup tinggi. Biasanya tumbuh di dataran rendah pada pohon-pohon tua atau dekat rawa, di dekat pantai, dan dekat sungai-sungai di hutan basah. Jenis anggrek ini tumbuh dengan menempel pada batang pohon lain yang memiliki pertumbuhan batang terbatas, seperti pada batang pohon yang rebah.  Anggrek Hitam hidup dengan berumpun di masing-masing tanaman, dan membentuk akar tinggal yang saling terhubung satu dengan lainnya.

Dengan kecantikan dan keunikannya yang menawan, serta manfaat bagi masyarakat yang cukup signifikan, seperti; sebagai obat herbal untuk menghentikan pendaraham rahim, menghentikan pendarahan internal di dalam perut, menyembuhkan penyakit musim hujan, serta mengobati disentri. Tentu saja hal tersebut menyebabkan banyak orang yang ingin mengoleksi Anggrek jenis ini, sehingga berdampak pada populasinya di alam liar yang semakin berkurang karena banyak di buru. Selain itu, faktor alam yang semakin rusak juga menjadi penyebab lain dari berkurangnya pertumbuhan Anggrek Hitam ini.

Hal-hal tersebut tentu saja berdampak langsung terhadap kelangkaan bunga Anggrek Hitam dan mempengaruhi nilai jualnya menjadi semakin tinggi. Hampir punah nya spesies anggrek ini menjadi kerugian besar bagi biodiversity Indonesia.

Sebagai upaya menanggulangi kepunahan, kemudian pemerintah mengeluarkan PP No. 7 Tahun 1999 yang menetapkan jenis Anggrek ini sebagai tanaman langka dan dilindungi. Peraturan tersebut bertujuan untuk mencegah Anggrek Hitam dari kepunahan total. Pemerintah pun kini melarang perdagangan bunga Anggrek Hitam secara bebas. Terdapat pula Cagar Alam Kersik Luway di Kalimantan, yang digunakan sebagai wadah untuk pelestarian Anggrek Hitam di alam. Berbagai catatan mengenai tanaman hias ataupun tentang anggrek termasuk cara perawatannya secara umum bisa anda dapatkan di halaman web http://www.anggrek-lintang.com

 

 

Leave a reply

 
 
loading