tillandsia

Tillandsia Funckiana


 

Posted on
Friday, April 6th, 2018
at 12:47 am

Author
admin

Category
Non Orchid

Tillandsia Funckiana saat ini menjadi tanaman yang diincar kolektor tanaman hias , salah satu jenis tillandsia yang populer di Indonesia. Di pameran flona 2018 di Lapangan Banteng kemarin terdapat beberapa stand yang menjual tanaman eksotis ini, bahkan ada yang stand mengkhususkan diri hanya menjual Tilandsia.  Air plant yang satu ini berasal dari Venezuela. Merupakan jenis Tilandsia kecil, yang bisa membentuk clump yang cukup besar apabila telah beradaptasi dengan baik. Seperti halnya dengan Tillandsia lain, jenis ini juga tidak membutuhkan media tanam. Di halaman anggrek lintang tanaman ini ditanam pada batang kayu dan diikat menggunakan kawat.

Funckiana sangat menyukai air, jadi akan lebih baik apabila Anda memperhatikan penyiraman, terutama pada saat cuaca panas. Selain itu, Funckiana juga menyukai sinar matahari yang baik dan aerasi yang cukup, tetapi tetap disarankan untuk menanam tilandsia tidak dibawah matahari langsung untuk menghindari sun burn di tilandsia.

Walaupun menyukai air, jenis ini tidak menyukai air yang terjebak di antara daunnya. Apabila dibiarkan, Tilandsia Funckiana akan membusuk. Jangan lupa untuk menggoyangkan Funckiana setelah penyiraman, atau cukup balikkan tanaman ini hingga air yang terjebak di antara daunnya mengering. Hujan deras merupakan salah satu penyebab busuknya tanaman ini, lebih baik untuk meletakan tilandsia dibawah naungan dan tidak terkena hujan secara langsung.

 

 

Leave a reply

 
 
loading