Tanaman hias anggrek

Thunbergia Tanaman Rambat Yang Menawan


 

Posted on
Friday, April 22nd, 2016
at 12:19 am

Author
admin

Category
Non Orchid

Tanaman hias Anggrek – Thunbergia adalah salah satu tanaman semak rambat yang memiliki bunga menawan. Hal ini dikarenakan thunbergia  memiliki cirri khas bunga yang sangat menawan. Tanaman ini berasal dari daerah tropis di asia dan afrika. Nama thunbergia diambil dari penemunya yaitu carl peter Thunberg. Salah satu spesiesnya adalah thunbergia grandiflora berwarna ungu menawan. Thunbergia dapat tumbuh di tanah atau pot dengan cara merambat. Tinggi tanaman berkisar 2-8 meter. Thunbergia menyukai suhu yang hangat contohnya seperti di Indonesia. Thunbergia dapat tumbuh pada kondisi pencahayaan penuh atau sedikit naungan.Arah thunbergia yang merambat  secara vertikal tidak membutuhkan tempat yang luas untuk menanamnya. Jika sudah tumbuh lebat, rumah anda akan terlihat lebih hijau dan asri

Tanaman hias Anggrek Thunbergia dapat dipakai sebagai tanaman pergola atau pagar. Selain indah dilihat daun thunbergia jenis grandifora dapat berkhasiat untuk mengobati bagian tubuh yang terkena gigitan ular. Warna bunga thunbergia adalah ungu atau putih. Tumbuh menjuntai dari tangkai bunga. Pertumbuhan bunga yang menjuntai ini menjadikannya cocok sebagai tanaman pagar. Bunga thunbergia mekar pada pagi dan sore hari. Daun thunbergia berbentuk hati dan berwarna hijau gelap.

Tanaman hias Anggrek  Thunbergia memerlukan media tanam yang baik seperti humus, sekam bakar, dan pupuk organik dengan perbandingan 3:1:1. Thunbergia dapat diperbanyak dengan stek dan biji.  Tanaman ini tumbuh dengan cepat. Daun-daunnya yang lebat dapat segera menghijaukan taman hanya beberapa bulan setelah ditanam. Jika kondisi lingkungan sesuai maka thunbergia dapat tumbuh sepanjang hari. Paparan cahaya matahari yang cukup dapat membuat thunderbia rajin berbunga dengan lebat. Untuk perawatannya thunbergia dapat disiram sekali sehari secukupnya, ingat jangan terlalu banyak penyiramannya karena dapat membuat akar thunbergia membusuk.

Pemberian pupuk dapat diberikan setiap 6 bulan sekali. Bersamaan dengan penyiangan rumput halus yang dapat merusak bunga. Pemangkasan dilakukan jika hanya tanaman sudah mulai tumbuh tidak teratur dan rambatannya terlalu memanjang kedepan. Agar bunganya lebih banyak sebaiknya jika ada bunga thunbergia yang lalu harus secepatnya dipotong. Hal ini dilakukan untuk merangsang tumbuhnya bunga baru. Ada beberapa macam Thurnbergia yang berada di Indonesia, tetapi yang biasa diketemukan di Indonesia berwarna ungu dan putih.

Jika suka tanaman hias anggrek, tentu anda harus mengetahui juga cara penanaman nya dong ya. Mari kita lihat cara penanamannya disini: Cara penanaman Anggrek.

Tag: #Anggrek #Tanaman hias #TanamanRambat #Thunbergia

Tags: , , ,

 

 

Leave a reply

 
 
loading