Pohon Tanjung


 

Posted on
Friday, September 19th, 2014
at 12:20 pm

Author
admin

Category
Non Orchid

Pohon Tanjung merupakan tanaman yang berasal dari wilayah India, namun pohon ini sudah masuk ke wilayah Indonesia pada sejak beberapa abad yang lalu, pohon ini dikenal dengan nama Tanjong di wilayah Bugis dan Makassar, lalu dengan nama Wija dan Angkatan di wilayah Bali, serta Kahekis di wilayah Sulawesi Utara.

Mimusops elengi, begitulah nama latinnya. Pohon ini merupakan pohon yang berukuran sedang dengan daun yang lebat meneduhkan apapun yang berada di bawahnya. Pada umumnya pohon Tanjung dapat tumbuh hingga ketinggian 15 meter, namun terkadang juga bisa melebihi batas tersebut. Daunnya bersifat tunggal dan tersebar, memiliki tangkai yang panjang, daun – daun daripada pohon tanjung berwarna hijau, tetapi akan memiliki rambut berwarna kecoklatan apabila daunnya akan berguguran. Bunga daripada pohon Tanjung berkelamin dua, dan menggantung di ketiak daunnya dengan wangi yang semerbak menggoda.

Pohon ini juga memiliki kayu yang termasuk dalam golongan yang mudah dikerjakan dengan hasil yang memuaskan, kayunya dapat diserut, dibor, hinga diamplas dengan sentuhan yang sudah ahli, maka kayu daripada pohon Tanjung akan menonjolkan pesonanya. Untuk tingkat keawetan, kayu Tanjung dapat dibilang termasuk ke dalam kelas I-II, namun terhadap rayap kayu kering kayu Tanjung termasuk dalam kelas IV yang berarti tidak cukup awet dalam menghadapi serangan binatang yang menjadi musuh para pecinta kayu. Dibalik keunggulan – keunggulannya, tentu kayu Tanjung memiliki beberapa kelemahan yaitu tidak mudahnya kayu tanjung untuk dikeringkan. Kayu Tanjung umumnya cenderung melengkung, dan pecah di ujung serta retak – retak apabila dikeringkan.

Untuk bidang kesehatan dan pengobatan, akar dari Pohon Tanjung dapat digunakan guna mengobati sakit tenggorokan. Daunnya yang segar juga dapat digunakan sebagai tapal obat sakit kepala setelah digerus halus terlebih dahulu, bisa juga dijadikan obat sariawan di mulut apabila daun Tanjung dirajang seperti tembauk lalu dicampur dengan sedikit serutan kayu secang dan dilinting menggunakan daun pisang, setelah itu dapat digunakan sebagai rokok.

Keberadaan pohon Tanjung tentunya memiliki berbagai macam manfaat yang telah disebutkan, selain itu juga tampilan pohon Tanjung yang teduh ini akan sangat nikmat untuk dipandang oleh mata.

 

 

Leave a reply

 
 
loading