Pohon Pule


 

Posted on
Monday, September 29th, 2014
at 8:34 pm

Author
admin

Category
Non Orchid

Alstonia Scholaris atau yang sering sekali kita sebut dengan nama Pohon Pule, merupakan pohon peneduh dari jenis tanaman keras yang biasanya di Indonesia hidup di daerah sekitaran pulau Jawa dan pulau Sumatera, di China di daerah Guangxi & Yunnan, India, Sri Lanka, Pakistan, Australia di bagian Queensland, Kepulauan Solomon, dan di hampir semua negara Asia Tenggara. Selain dikenal dengan sebutan Pule, pohon ini juga memiliki nama panggilan lainnya seperti Kayu Gabus, Lame, Jeletung, dan Lamo.

Pohon Pule memiliki kualitas kayu yang kurang baik bagi bahan bangunan karena teksurnya yang tidak begitu keras dan sangat mudah melengkung apabila cuaca di sekitarnya sedang lembap, namun kayu daripada pohon Pule sering dimanfaatkan guna membuat perkakas rumah tangga, serta benda – benda yang mengandung unsur seni seperti patung, dan benda – benda seni ukir yang memiliki nilai estetika yang tinggi. Ciri – cirri pohon Pule adalah tingginya yang dapat mencapai 40 meter, daunnya menjari sejumlah 3 (tiga) sampai dengan 10 (sepuluh) dimana daun–daunnya berwarna hijau mengkilap dan pada bagian bawah daun memiliki warna yang sedikit memucat, Bunga daripada pohon Pule biasanya mekar di akhir tahun yaitu pada bulan Oktober. Kulit kayu daripada pohon Pule juga tidak memiliki bau yang menyengat namun memiliki rasa yang sangat pahit di lidah, di samping itu pohon Pule juga memiliki getah yang sangat banyak.

Dalam pemanfaatannya, pohon Pule sering juga dimanfaatkan sebagai pohon yang dapat menjadi peneduh di rumah maupun jalanan, karena karakteristik pohon Pule yang memiliki tangkau dengan jumlah yang banyak serta daun yang rimbun dapat membuat suasana di sekitarnya menjadi teduh karena pohon ini dapat menghalangi anda dari sengatan sinar matahari secara langsung. Selain itu juga, pohon Pule ditanam guna menghasilkan udara besih terhadap lingkungan sekitarnya.

Tentunya, kehadiran pohon peneduh yang satu ini dapat memberikan banyak manfaat kepada anda dan lingkungan sekitar, maka dari itu anda sudah tidak perlu menyangsikan keputusan untuk menanam pohon Pule selama anda memiliki luas tanah yang cukup untuk menanamnya.

 

 

Leave a reply

 
 
loading