Pohon Palem

Pohon Palem


 

Posted on
Monday, September 28th, 2015
at 11:05 pm

Author
admin

Category
Non Orchid

Pohon Palem

Pohon Palem tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita. Tanaman yang satu ini bisa dibilang telah menjadi tanaman kosmopolitan yang sangat digemari oleh orang-orang yang tinggal di perkotaan. Tanaman ini menghiasi perumahan, taman-taman, hingga pusat perbelanjaan.

Lalu apa sebenarnya kelebihan yang dimiliki oleh tanaman palem ini?

Palem merupakan tanaman yang biasanya ditanam di tanah yang mengandung pasir, palem juga merupakan salah satu dari banyak tanaman yang tidak menyukai genangan air. Palem juga tidak rewel, karena tanaman ini dapat tumbuh di dataran rendah dan juga dataran tinggi. Dalam menjalankan masa pembibitannya, tanaman palem kurang begitu bersahabat dengan cahaya matahari. Tetapi justru sebaliknya saat ia sedang mengalami masa pertumbuhan, palem sangat membutuhkan cahaya matahari ketika menjalani masa pertumbuhannya.

Tanaman yang terkenal dengan daunnya yang jarang ini ternyata dapat tubuh di dalam ruangan, dengan syarat setiap tiga hari sekali dikeluarkan guna mendapatkan cahaya matahari yang langsung.

Di Indonesia ada beberapa jenis dari tanaman palem yang banyak dibudidayakan di lingkungan sekitar, diantaranya adalah;

  1. Palem Waregu. Jenis palem yang satu ini memiliki nama lain Rhapis excels, R.aspera, R humilis. Daunnya berwarna hijau tua yang mencolok, batang dari Palem Waregu memiliki bentuk bulat kecil dan beruas.
  2. Palem Botol. Palem botol merupakan salah satu jenis palem yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari kita, mulai dari jalanan hingga perumahan. Jenis palem ini memiliki ciri batang bawah yang menggelembung lalu semakin keatas semakin menyempit sehingga mirip seperti botol. Palem botol sering sekali dijadikan sebagai sebuah symbol dari status sosial ekonomi seseorang, sehingga tidak heran apabila banyak sekali orang-orang ingin memilikinya.
  3. Palem Kipas. Bernama asli Livistona Chinesis, palem kipas memiliki ciri daun yang menyerupai kipas sebesar 30 sampai dengan 50 Centimeter. Palem ini merupakan salah satu tumbuhan yang dapat bertahan lama di dalam ruangan.

Untuk mengenal dan menambah wawasan anda mengenai Tanaman Hias dan juga Anggrek silahkan baca artikel saya di Anggrek & Tanaman Hias: Anggrek-lintang.com

 

Tags: , , , , , ,

 

 

Leave a reply

 
 
loading