Pohon Glodokan Tiang


 

Posted on
Wednesday, September 10th, 2014
at 1:26 am

Author
admin

Category
Non Orchid

Polyathia Longifolia atau yang biasa kita sebut dengan pohon “Glodokan Tiang” merupakan salah satu jenis tanaman yang berguna sebagai tanaman peneduh. Memiliki subkingdom Tracheobionta (Tumbuhan Berpembuluh) dengan Famili Annonaceae, glodokan tiang merupakan pohon yang dapat menghasilkan biki serta merupakan tumbuhan yang masuk dalam divisi Magnoliophyta (Berbunga). Glodokan tiang juga merupakan tumbuhan dikotil atau berkeping dua.

Biasanya pohon Glodokan Tiang ini memiliki bentuk daun yang menyirip, bergelombang serta berwarna hijau, dengan karakteristik batang pohon yang kuat dan kokoh, membuat pohon ini memiliki kesan yang tegas dan asri. Untuk bagian akar, biasanya pohon glodokan tiang memiliki akar berukuran dari sedang hingga besar yang terdapat di dalam tanah dan terkadang sebagian di luar tanah, apabila pohon ini tidak terawat dan tidak sehat maka sering sekali terdapat sarang semut di batangnya yang dapat membuat batang dari pohon peneduh yang satu ini menjadi terkelupas dan rusak.

Pohon Glodokan Tiang, tanpa kita sadari sering kita jumpai di jalan – jalan umum. Dengan pola berbaris sepanjang jalan, pohon glodokan tiang ini benar – benar menunjukkan keindahannya kepada setiap pasang mata yang melihatnya. Warna hijau yang pekat, lebatnya daun, serta kokohnya bentuk pohon tentu merupakan kelebihan dari tanaman yang satu ini.

Pada umumnya pohon Glodokan Tiang tumbuh menjulang ke atas, namun bisa juga tumbuh seperti pohon cemara. Tanaman ini dapat hidup dengan baik walau ditempatkan dibawah sinar matahari secara langsung, perawatan pohon Glodokan Tiang juga sangat mudah dan tidak merepotkan. Pohon Glodokan Tiang sering dimanfaatkan sebagai penetralisir udara yang sudah tercemar di kota – kota besar, tanaman ini juga dapat berperan sebagai peredam suara. Daun dari pohon Glodokan Tiang juga sangat bagus untuk dekorasi ornamen yang biasanya dimanfaatkan dalam perayaan – perayaan festival dan sebagainya. Harga tanaman yang satu ini cukup murah, anda dapat membelinya dengan harga mulai 10 ribu rupiah untuk satu bibit glodokan tiang dengan tinggi 50 Centimeter.

Nah, tidak ada salahnya bukan bagi anda untuk menanam pohon Glodokan Tiang di rumah anda sebagai alternatif tanaman peneduh di rumah?

 

 

Leave a reply

 
 
loading