Pohon Dadap

Pohon Dadap Sang Peneduh Halaman


 

Posted on
Wednesday, May 4th, 2016
at 11:41 pm

Author
admin

Category
Non Orchid

Pohon Dadap Sang Peneduh Halaman

Dadap atau yang terkadang dikenal dengan nama Cangkring adalah salah satu tanaman yang sering dijadikan sebagai pagar hidup atau tanaman peneduh di halaman – halaman rumah masa kini, pohon Dadap juga memiliki banyak nama lain di banyak daerah. Contohnya, di daerah Jawa di kenal dengan nama dadap ayam atau dadap laut, di Maluku dikenal dengan nama galala itam, di Timor dikenal dengan nama deris, lain lagi di Madura pohon dadap dikenal dengan nama tehutheuk.

Dadap merupakan salah satu pohon yang termasuk kedalam ukuran sedang, pada umumnya tinggi pohon Dadap berkisar diantara 15 sampai dengan 20 meter dengan gemang 50 sampai 60 centimeter. Bagian kulit batang pohon dadap yang masih muda memiliki garis vertical berwarna hijau, abu – abu, coklat muda, dan terkadang sedikit keputihan. Biasanya batang pohon dadapt memiliki duri – duri kecil dengan warna hita, yang cukup menyengat apabila kita memegangnya. Pohon dadap memiliki tajuk yang mirip dengan payung atau bulat renggang, dimana ia selalu menggugurkan daunnya saat musim kemarau.

Daun pohon dadap bersifat majemuk dengan peranakan daun tiga, warnanya mulai dari hijau tua sampai hijau muda dan memiliki poros daun dengan tangkai sepanjang 10 sampai dengan 40 centimeter. Bunga – bunganya tersusun ke dalam tandan dengan bentuk kerucut, hal ini membuat burung – burung sering sekali mampir ke pohon Dadap.

Pohon yang satu ini ini sering sekali menjadi peneduh di kebung – kebun coklat dan kopi, dan terkadang bisa juga menjadi rambatan bagi tanaman seperti umbi – umbian, lada, sirih dan sebagainya. Bahkan, di wilayah pasifik sana, dadap sering sekali dimanfaatkan guna menahan laju angina yang kencang.

Apabila anda ingin membudidayakan tanaman dadap, anda dapat melakukannya mulai dari menanam bijinya hingga stek  besar. Biji dadap sebaiknya direndam dulu di dalam air hangat dengan suhu sekitar 80 derajat celcius selama 8 – 10 menit, setelah itu dilanjutkan dengan air biasa hingga semalam sebelum anda menanamnya.

Namun, jika anda ingin menanamnya dengan metode stek besar, anda dapat memotong batang dengan panjang di antara 2 sampai 3 meter, lalu anda diamkan paling sebentar 1 hari penuh agar terhindari dari serangan jamur sebelum anda menanamnya.

Selain Dadap, kalian juga harus mengetahui indahnya bungan flamboyan pohon peneduh raksasa di artikel anggrek-lintang.com sebelumnya ya.

Tags: , , , , , , ,

 

 

Leave a reply

 
 
loading