pohon bintaro

Pohon Bintaro, si Hijau Peneduh Jalan


 

Posted on
Saturday, March 7th, 2015
at 6:23 pm

Author
admin

Category
Non Orchid

Pohon Bintaro ini merupakan salah satu jenis pohon peneduh, dahulu saking banyaknya pohon ini di Jakarta bahkan menjadi sebuah nama kelurahan di bilangan Jakarta Selatan. Kembali lagi ke topik utama, pohon yang memiliki nama latin Cerbera Manghas ini memang merupakan sebuah tumbuhan yang sangat digemari oleh masyarakat dalam beberapa dekade terakhir.

Pohon Bintaro seringkali digunakan sebagai pohon penghijuan di jalan dan tempat – tempat rekreasi di kota – kota besar termasuk Jakarta. Pohon ini ternyata juga memiliki riwayat yang cukup mengegerkan di kalangan masyarakat, pasalnya pada tahun 2009 ditemukan bahwa daun, buah, serta getah dari tumbuhan yang satu ini mengandung zat yang beracun bernama cerberin.

Bintaro pada umumnya dapat tumbuh setinggi 4 (empat) sampai dengan 6 (enam) meter, walau juga tidak jarang ditemukan pohon Bintaro yang berdiri tegak menjulang hingga mencapai ketinggian 12 (duabelas) meter. Bunga yang dimiliki Bintaro memiliki bau yang sangat harum, bunganya terdiri dari lima petal dengan mahkota yang memiliki bentuk khalayak terompet dengan hiasan warna merah muda pada pangkalnya. Bintaro juga memiliki buah yang berbentuk seperti telur dengan panjang berkisar 5 (lima) sampai dengan 10 (sepuluh) centimeter. Biasanya, pada saat buah bintaro masih dalam usia yang muda akan memiliki warna hijau kepucatan, dan saat buah tersebut matang warnanya akan berubah menjadi merah cerah pertanda buah tersebut telah benar-benar masak.

Walau sempat menggegerkan masyarakat dengan racunnya, ternyata Bintaro menjadi sangat bermanfaat bagi kehidupan lingkungan manusia. Hal ini dikarenakan, buah dari pohon BIntaro terbukti secara ilmiah dapat menghasilkan energi alternatif yang ramah lingkungan atau yang biasa disebut biofuel.

Cerbera Manghas atau yang biasa disebut pohon bintaro ini tentu sangat cocok untuk ditanam di pekarangan rumah anda, dengan warna hijau yang teduh serta tinggi yang menjulang tentunya dapat membuat rumah anda terkesan lebih asri. Namun ingat, anda harus berhati-hati agar anak anda tidak bermain-main dengan buah bintaro serta getahnya karena hal tersebut berbahaya bagi kesehatan mereka.

 

 

Leave a reply

 
 
loading