Pohon Bambu, tanaman dengan peluang bisnis


 

Posted on
Wednesday, September 17th, 2014
at 1:38 pm

Author
admin

Category
Non Orchid

Pohon Bambu merupakan tanaman yang termasuk dalam jenis rumput-rumputan dengan rongga dan ruang yang berada pada batangnya. Bambu tentunya juga memiliki banyak tipe. Bambu juga merupakan salah satu tanaman yang merupakan sumber penghasil kayu karena dapat tumbuh dengan sangat cepat.

Selain itu juga, bambu juga sering sekali menjadi pengganti kayu dari hutan tropis yang pada dasawarsa ini sudah mulai terkikis mengingat tingginya tingkat permintaan dikalangan masyarakat dan kalangan perindustrian. Maka dari itu, pembudidayaan pohon bambu mulai digalakkan mulai dari benua Amerika, Asia, hingga benua Afrika.

Tanaman yang satu ini merupakan tanaman yang memiliki peluang bisnis yang sangat terbuka lebar dan memiliki potensi yang sangat besar karena permintaan akan bambu secara global jauh lebih cepat tumbuh daripada ketersediannya di alam ini.

Untuk urusan manfaat, sudah tidak perlu lagi diragukan kredibilitas daripada pohon Bambu ini. Mulai dari pemanfaatan untuk pembuatan kertas, membuat rumah sederhana, membangun jembatan, hingga untuk barang – barang kerajinan dan keterampilan tangan – tangan manusia.

Tentunya apabila kita membahas manfaat daripada pohon bambu maka kita juga perlu membahas dari sudut pandang dunia industri. Bambu memilik tingkat kepadatan yang sama dengan kayu keras dan kekuatannya bahkan melebihi baja. Pada masa kini, sudah dilakukan cara baru guna mengolah serat bambu untuk pembuatan benda – benda modern.

Pasar bambu bisa dibilang sudah menjalar ke seluruh dunia, di Eropa dan Amerika bambu diimpor guna memenuhi kebutuhan sehari – hari mulai dari tusuk gigi, tusuk sate, tekstil, lantai bambu, perabotan tumah tangga dan yang lainnya.

Rebung bambu juga dapat dimanfaatkan sebagai makanan yang kaya akan serat dan enak apabila diolah dengan baik. Untuk industri makanan, rebung merupakan salah satu bisnis yang nilainya dapat mencapai jutaan dolar, di daerah sekitar Cina, Thailand, dan Taiwan, rebung dijual dalam keadaan masih segar hingga yang sudah dikemas dalam bentuk kalengan yang kadang pula dikombinasi dengan kuah atau bumbu – bumbu yang memberikan citarasa pedas, lalu di ekspor.

Nah, para pembaca sudah tahu kan potensi daripada pohon Bambu ini? Tentu hal yang sangat tepat apabila anda ingin membudidayakan pohon yang satu ini.

 

 

Leave a reply

 
 
loading