Plumeria


 

Posted on
Tuesday, August 19th, 2014
at 2:41 am

Author
admin

Category
Non Orchid

Plumeria atau yang sering disebut Kamboja adalah tanaman yang berasal dari Amerika Tropik dan Afrika. Kamboja termasuk kedalam kelompok tanaman hias yang biasa ditanam di pekarangan rumah maupun didalam pot. Pohon kamboja  dibedakan dari ukurannya ada dua jenis, yaitu, pohon kamboja kerdil dan pohon kamboja besar yang bisa mencapai tinggi beberapa meter. Selain dari ukuran, kamboja juga bisa dibedakan jenisnya melalui daun.

Ada pohon  kamboja berdaun lebar dengan ujung lancip dan ada pula pohon kamboja berdaun kecil, lonjong dan ujungnya tumpul. Bunga kamboja mempunyai banyak macam warna. Dari mulai putih, kuning, merah, dan merah muda atau kombinasi dari warna-warna tersebut.

Sama seperti bunga hias lainnya, plumeria juga memiliki harum yang khas. Meski asalnya dari luar Indonesia tapi plumeria atau kamboja merupakan pohon yang populer di Bali. Karena banyak ditanam hampir disetiap pura dan sudut kampung yang memiliki fungsi penting dalam kebudayaan yang ada di Bali.

Selain bermanfaat sebagai tanaman hias, plumeria juga sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional terhadap beberapa penyakit. Seperti, bisul,kencing nanah, mengatasi bengkak,dan gigi berlubang. Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat adalah  akar, daun, serta getah pohon. Getah pohon kamboja atau plumeria acuminata mengandung senyawa sejenis karet, triterpenoid amyrin, lupeol, kautscuk, dan damar.

Dibawah ini adalah beberapa cara  pengobatan dengan bagian pohon kamboja.

Mengobati bisul

Mengobati bisul dengan kamboja ada dua cara yaitu dengan daun kamboja dan getah pohon kamboja.

Cara pertama, menggunakan daun kamboja dan minyak kelapa. Daun kamboja dilemaskan dan diolesi minyak kelapa kemudia di tempel pada bisul. Setelah kering bisa diganti dengan daun yang lain.

Cara kedua, menggunakan getah kamboja, yaitu dengan mengambil langsung getah dari pohon kamboja lalu dioleskan pada bagian tubuh yang terdapat bisul.

Mengobati kencing nanah

Terlebih dahulu cuci bersih 1 potong akar pohon kamboja. Kemudian rebus dengan dua gelas air mendidih hingga menjadi satu gelas saja. Air rebusan tersebut kemudian diminum satu kali sehari.

Mengatasi bengkak

Cara mengatasi bagian tubuh yang bengkak yaitu dengan kulit pohon kamboja. Pertama, ambil 1 sirap kulit kamboja kemudian dihaluskan dengan ditumbuk. Rebus dengan setengah cerek air hingga mendidih, kemudian air rebusan digunakan untuk mengompres bagian tubuh yang bengkak, atau bila perlu bagian tubuh yang bengkak tersebut di rendam di dalam air rebusan.

Mengobati gigi berlubang

Untuk mengobati gigi berlubang, caranya adalah ambil getah pohon kamboja dengan kapas kemudian kapas tersebut dimasukkan ke bagian gigi yang berlubang. Tetapi perlu diperhatikan agar hati-hati saat memasukkan kapasnya, karena bila getah kamboja mengenai gigi yang sehat, gigi tersebut bisa rusak dan mudah mengeropos.

 

 

Leave a reply

 
 
loading