Mawar


 

Posted on
Saturday, September 13th, 2014
at 9:47 am

Author
admin

Category
Non Orchid

Dalam kebudayaan barat, mawar adalah lambang cinta dan kecantikan. Dalam mitologi yunani seperti Isis dan Aprodite. Mawar adalah suatu jenis semak dari genus rosa. Jenis mawar terdiri dari 100 spesies lebih dan kebanyakan tumbuh di belahan bumi utara yang berudara sejuk. Secara keseluruhan bunga yang melambangkan cinta ini adalah spesies tanaman semak yang berduri atau tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai 2 hingga 5 meter, dan terkadang juga bisa mencapai 20 meter dengan cara merambat pada tanaman lain meskipun jarang ditemui.

Ciri-ciri dari daun bunga mawar mempunyai panjang antara 5-15cm. Dua-dua berlawanan (pinnate) berbentuk lonjong,pertulangan menyirip,tepinya mempunyai ringgit, meruncing pada ujung daun dan berduri pada batang yang berada dekat dengan tanah. Tumbuhan ini pada dasarnya bukan tanaman tropis,karena sebagian besar spesies merontokkan seluruh daunnya tapi ada beberapa yang selalu berdaun sepanjang tahun tepatnya di daerah Asia Tenggara. Pada bagian bunga ada 5 helai daun mahkota. Untuk beberapa spesies biasanya warna bunga putih merah jambu atau kuning dan merah. Pada bagian bawah daun mahkota dan daun kelopak terdapat Ovari.

Spesies seperti Rosa Canina dan Rosa Rugosa dapat menghasilkan buah rose hips yang sangat kaya akan vitamin C bahkan termasuk sumber yang paling kaya akan vitamin C. Penyebaran sangat terbantu oleh burung-burung pemakan buah yang sangat menyukai buah rose hips. Pada umumnya mawar memiliki duri berbentuk seperti pengait yang berfungsi sebagai pegangan sewaktu memanjat tumbuhan lain. Mawar dapat tumbuh subur di daerah beriklim sedang walaupun beberapa kultivar yang merupakan hasil metode penyambungan dapat tumbuh di iklim subtropics hingga daerah beriklim tropis. Manfaat dari bunga mawar selain sebagai bunga hias atau bunga potong juga dapat digunakan sebagai antidepresan, antiviral, antibakteri, anti peradangan, dan sumber vitamin C. Mawar juga bisa dimanfaatkan sebagai teh , jelly, dan selai. Minyaknya adalah salah satu minyak atsiri hasil penyulingan dan penguapan daun-daun mahkota sehingga dapat dibuat parfum.

 

 

Leave a reply

 
 
loading