Kuping Gajah


 

Posted on
Monday, September 29th, 2014
at 1:28 pm

Author
admin

Category
Non Orchid

Kuping gajah merupakan sebutan yang diberikan untuk Anthurium daun, dikarenakan daunnya lebar-lebar mirip kuping gajah. Sebutan kuping gajah juga digunakan untuk membedakan jenis anthurium daun dan anthurium bunga. Biasanya anthurium bunga digunakan sebagai bunga potong sementara pada anthurium daun lebih sering digunakan sebagai tanaman hias. Kuping gajah memiliki penampilan yang menarik mulai dari warna, bentuk dan pola hiasan pada daunnya. Daun kuping gajah menyerupai hati dan lebih besar dibandingkan dengan batangnya, daun ini yag kemudian disebut mirip dengan kuping gajah. Warna daun hijau gelap seperti beludru. Tulang daunnya berupa urat-urat hijau  muda keputihan yang membentuk pola hiasan berwarna perak. Ukuran daun kuping gajah bisa mencapai 40 cm dengan lebar 30 cm. Pada jenis-jenis tertentu bahkan daun kuping gajah bisa lebih panjang dengan tangkai daun yang juga panjang, namun biasanya warnanya tidak secemerlang kuping gajah berdaun kecil atau normal.

Kuping gajah sangat baik ditanam pada dataran menengah sampai tinggi, dengan matahari yang tidak terlalu penuh karena kuping gajah tidak membutuhkan sinar matahari terlalu banyak. Jika menanam kuping gajah sebaiknya diletakkan di teras rumah karena tempatnya teduh dan tidak terkena matahari secara langsung. Jika terkena cahaya matahari terus-menerus daun kuping gajah akan menguning. Namun bila kurang terkena cahaya matahari daun juga cenderung lemas dan pucat.

Beberapa kuping gajah yang populer sebagai tanaman hias adalah :

{  Kuping Gajah Crystalinum

Kuping gajah jenis ini biasanya paling banyak ditemukan di Indonesia sebagai tanaman hias. Kuping gajah jenis ini bila ditanam di teras rumah akan menampilkan kesan klasik dan natural pada rumah.

{  Kuping Gajah Clarinervium

Kuping gajah jenis ini memiliki dimensi daun terkecil dibanding jenis lainnya. Pertumbuhannya cukup lambat, namun kuping gajah jenis ini unggul karena memiliki daun yang tebal dan memiliki corak yang terbentuk dari alur tulang daun yang berwarna putih dengan warna melebar cenderung ketulang daun.

{  Kuping Gajah Nikki

Kuping gajah jenis ini memiliki warna daun hijau kekuning-kuningan. Dengan dimensi daun yang besar. Dari batang utama sering kali muncul batang baru sehingga member kesan merumpun.

{  Kuping Gajah Regale

Kuping gajah jenis ini merupakan tanaman yang sosoknya kokoh. Coraknya terbentuk dari alur tulang daun. Pada jenis ini juga disebut sebagai kuping gajah yang terunik karena memiliki corak yang bervariasi, sehingga kemudian muncul banyak nama –nama regale yang digolongkan berdasarkan coraknya. 

 

 

Leave a reply

 
 
loading