Tanaman hias

Indahnya Bunga Flamboyan Pohon Peneduh Raksasa


 

Posted on
Tuesday, April 26th, 2016
at 10:40 am

Author
admin

Category
Non Orchid

Tanaman hias – Flamboyan atau Denix regia adalah tanaman hias dengan pohon yang berukuran besar, dan bunga berwarna merah cerah. Flamboyan memilik nama genus Delonix yang berasal dari kata Yunani yang berarti mencolok dan onyx yang berarti cakar. Nama tersebut mengacu pada tampilan bunga yang memang mencolok dan bentuk mahkota bunga yang berkembang seperti cakar. Pohon ini umumnya dibudidayakan di daerah tropis dan subtropics, termasuk Madagascar, untuk tanaman hias. Tanaman ini terancam punah di habitat aslinya karena perusakan habitat.

Flamboyan adalah tanaman hias berbentuk pohon dengan perilaku yang unik dan penuh warna. Tingginya bisa mencapai 12 meter. Ia menyukai tempat terbuka dan cukup sinar matahari. Batangnya licin berwarna cokelat kelabu dengan teras sangat keras, berat, dan tahan air atau serangga.Bunga ini tumbuh melebar seperti paying apabila tumbuh di daerah yang memiliki 2 musim maka akan gugur saat musim kemarau, tetapi akan tetap hijau pada musim semi dan dingin pada daerah 4 musim. Daun flamboyant memiliki bulu di permukaannya.

Sistem pertulangan berbentuk menyirip, dengan panjang 30,5-50,8 dan lebar 11-25cm. Bunganya mekar secar musiman, biasanya mekar saat pertengahan musim panas. Bunga flamboyant memiliki diameter antara 8 dan 15 cm dan memiliki empat kelopak yang berbentuk menyebarkan berwarna merah atau orange-merha dengan kelopak panjangnya 4-7 cm serta satu mahkota tegak. Bentuk kelopak bunga sedikit lebih besar yang ditandai dengan warna kuning dan putih.

Di sejumlah negara, tanaman ini sudah menjadi komoditas penting sebagai tanaman hias yang diperdagangkan. Di Indonesia tanaman ini sudah cukup dikenal dan dibudiyakan. Namun umumnya masyarakat menanam flamboyant lebih karena alasan fungsinya sebagai peneduh yang cepat tumbuh. Keindahan bunga flamboyant akan tampak jika bunga masih dalam bentuk gerombolan. Jika dilihat satu persatu bunganya tampak kurang menarik.

Bunga flamboyant biasanya terlihat paling cemeralng pada minggu pertam kemunculannya. Pada saat langit cerah dan matahri bersinar terang. Namun periode itu hanya sebentar, begitu memasuki masa berikutnya keterangan tanaman ini mulai memudar.

Selain tanaman hias bunga flamboyan ini, mari kita melihat juga Thunbergia tanaman rambat yang menawan.

#Tag: TanamanHias, Anggrek, Flamboyan, Bunga

Tags: , , ,

 

 

Leave a reply

 
 
loading