Pucuk Merah

Indahnya merah hijau sang Pucuk Merah


 

Posted on
Sunday, November 22nd, 2015
at 2:01 pm

Author
admin

Category
Non Orchid

Pucuk Merah

Pucuk Merah atau yang bernama latin Syzygium oleana ini merupakan salah satu jenis tanaman hias yang sangat memikat dan sering sekali menarik perhatian siapapun yang melihatnya. Walau demikian bisa dibilang tanaman yang satu ini masih kalah popular dibanding tanaman hias lainnya seperti anthurium dan sejenisnya.

Syzygium oleana, memiliki daun berwarna hijau muda yang bentuknya tidak begitu besar dan sedikit memanjang, batang yang dimiliki juga kecil sehingga bentuknya tidak jauh beda dengan tanaman perdu yang lainnya, namun sekarang tanaman yang satu ini mulai menjadi pilihan favorit bagi para pecinta tanaman hias karena warnanya yang segar.

Keindahan Syzygium oleana terpampang jelas melalui kombinasi warna hijau pada daun dan ujung daun mudanya yang memiliki warna oranye & merah. Setiap tajuk tanaman muda akan menyembul di sela-sela daun yang menghijau sehingga sangat mirip dengan bunga-bunga yang berada diantara daun-daun, disinilah pesona dan keindahan Syzygium oleana diperlihatkan.

Apabila anda ingin menanam Pucuk Merah di halaman rumah anda atau mungkin anda ingin membudidayakannya, anda perlu memastikan bahwa Syzygium oleana yang anda tanam mendapatkan sinat matahari yang cukup, hal tersebut diperlukan agar tunas mudanya tetap bisa menonjolkan rona kemerahannya. Anda juga dapat mempertahankan keindahan Pucuk Merah dengan cara memangkasnya secara rutin, karena apabila terlalu lebat tanaman Pucuk Merah kurang dapat menonjolkan keindahannya.

Selain dapat ditanam di pot,  tanaman hias yang satu ini juga dapat ditanam sebagai :

  1. Pembatas dinding atau pengarah jalan;
  2. Anda juga dapat menanam Pucuk Merah sebagai background daripada tanaman berbunga di dalam pot;
  3. Untuk keperluan landscape, Pucuk Merah juga cocok apabila dijadikan sebagai focal point di taman – taman yang memiliki tema tropis, anda dapat meletakkannya di satu titik pandang dalam taman guna menarik perhatian.

Nah, anda sudah lebih tahu tentang pohon Pucuk Merah sekarang. Jadi, jangan pernah ragu untuk menanamnya, karena hijau itu indah 🙂

Untuk mengenal dan menambah wawasan anda mengenai Tanaman Hias dan juga Anggrek silahkan baca artikel saya di Anggrek & Tanaman Hias: Anggrek-lintang.com

Tags: , , , , , , , ,

 

 

Leave a reply

 
 
loading