Daun Jintan


 

Posted on
Wednesday, October 1st, 2014
at 11:44 am

Author
admin

Category
Non Orchid

Daun Jintan termasuk dalam keluarga Lamiaceae dan masih berkerabat dengan Kemangi, Selasih dan daun Mint. Daun Jintan tumbuh tidak tinggi, hanya sekita 50 (lima puluh) cm, berbatang lunak, berhelai daun tebal dan berbulu. Tepinya bergerigi dan keseluruhan bagian tanaman memancarkan wangi yang kuat. Tanaman ini tumbuh baik pada dataran rendah sampai 1100 meter dibawah permukaan laut. Daun Jintan biasanya digunakan sebagai salah satu bumbu masak pada jenis masakan tertentu. Namun selain itu daun jintan kerap kali digunakan sebagai obat tradisional. Sebagai obat perangsang semangat dan untuk mengatasi rasa lelah, meredam asma, batuk, demam, perut kembung, sakit kepala, sariawan dan rematik.

Kandungan zat aktif dalan dalam daun Jintan adalah barbatusin, barbatusol koleol, forskolin, dan phytosterol. Efek farmakologis pada daun jintan adalah penghilang rasa sakit, penurun panas, antiseptik, penyegar, khasiat forskolin sebagai tonik untuk jantung, perangsang ereksi, dan aktivator enzim adenilat-siklase. Dibawah ini akan dijelaskan cara menggunakan daun jintan sebagai obat tradisional pada beberapa penyakit.

{ Untuk mengobati demam : caranya adalah dengan mengambil daun  Jintan segar  sebanyak 7 (tujuh) lembar lalu dicuci bersih dan dibilas dengan air matang kemudian ditumbuk sampai halus. Kemudian diperas dan disaring. Kemudian airnya diminum dan ampas sisa penyaringan digosokkan ke badan, lakukan cara ini hingga demam berkurang.

{ Mengobati asma dan batuk : caranya dengan mengambil 10 (sepuluh) lembar daun Jintan lalu di cuci bersih dengan air matang kemudian ditumbuk sampai halus. Setelah itu diperas lalu disaring. Kemudian air perasan diminum dengan ditambah minyak wijen. Lakukan cara ini sampai asma dan batuk berangsur membaik.

{ Mengobati rematik : yaitu dengan mengambil 10 (sepuluh) lembar daun Jintan segar, lalu dicuci bersih kemudian ditumbuk sampai halus. Lalu tambahkan air sirih secukupnya kemudian diremas sampai merata. Daun Jintan yang telah dihaluskan dan dicampur air sirih tersebut kemudian digunakan untuk melumas dan menggosok bagian yang sakit. Lakukanlah berulang sampai rasa sakit berkurang.

{ Mengobati ayan : ambil daun Jintan segar sebanyak 30 (tiga puluh) lembar, ngokilo 10 (sepuluh) lembar, lenglengan 25 (duapuluh lima) lembar, sambiloto 40 (empat puluh) lembar, meniran 8 (delapan) sirip, gula aren 3 (tiga) jari, kemudian semua bahan tadi dicuci bersih dan dipotong-potong sesuai kebutuhan kemudian direbus  dengan 4 (empat) gelas air bersih sampai tinggal tersisa 3 (tiga) gelas. Setelah matang kemudian dinginkan lalu disaring kemudian diminum sehari 3 (tiga) kali dengan dosis ¾ gelas sekali minum.

{ Mengobati perut kembung, ambil daun jintan segar sebanyak 5 (lima) lembar. Kemudian di cuci lalu ditumbuk halus. Diseduh dengan ¾ cangkir air panas. Kemudian disaring lalu diminum. Lakukan cara ini hingga perut tidak lagi kembung. 

 

 

Leave a reply

 
 
loading