Cermai, Phyllanthus acidus


 

Posted on
Saturday, March 7th, 2015
at 12:54 pm

Author
admin

Category
Non Orchid

Pohon Cermai termasuk dalam kategori pohon kecil dengan ketinggian pada umumnya yang hanya mencapai 9 meter. Cabang daripada pohon Cermai biasanya rendah dan juga renggang. Daun pohon Cermai bersifat tunggal, dengan bentuk bundar dan ujungnya yang runcing, panjang daun berkisar antara 2 sampai dengan 7 centimeter, daunnya juga biasanya tersusun secara bergerombol dan menyirip di rantingnya. Daunnya sering sekali dijadikan sebagai lalapan.  Bunga pohon Cermai dapat memiliki kelamin tunggal maupun ganda.

Tanaman peneduh yang satu ini sering sekali ditanam sebagai penghias halaman rumah maupun sebagai pohon-pohon yang mempercantik taman. Pohon ini merupakan pohon yang sangat mudah perkembang biakannya karena dapat dibiakkan melalui biji dan juga stek. 

Buah Cermai bentuknya bulat dengan rusuk berjumlah 6 sampai 8 buah, dan memiliki warna kuning agak keputih-putihan. Daging buahnya memiliki rasa yang asam dengan kandungan air yang tinggi dimana di tengah-tengah buahnya terdapat biji yang biasanya berjumlah antara 4 sampai 6. Buah cermai juga merupakan buah yang sering sekali dimakan langsung saat masak dari pohonnya, cukup di campur dengan gula atau sedikit garam maka anda dapat langsung menikmati buah yang masam ini. Sering juga buah cermai diolah menjadi manisan yang suka di jual di pasaran, atau juga dibuat menjadi minuman penyegar.

Dalam penyebarannya pohon cermai diperkirakan berasal dari Madagaskar. Namun, saat ini pohon cermai telah menyebar ke beberapa wilayah tropis, seperti;

  • Asia Tenggara (Vietnam bagian Selatan, Indonesia, Laos, dan Malaya Utara).
  • Kepulauan Mauritius, Samudra Hindia, Guam, dan Hawaii.
  • Jamaika, Kepulauan Karibia, Amerika Tengah, dan Amerika selatan.
  • Serta di beberapa kepulauan lain yang berada di Samudra Pasifik.

Dengan berbagai manfaat dan keindahan yang dimiliki, tentunya pohon yang memiliki nama latin Phyllanthus acidus ini  sering sekali menjadi pilihan masyrakat guna mempercantik taman-taman atau halaman rumah mereka, hal ini juga bisa dibilang karena ukuran pohon cermai yang relatif tidak besar sehingga tidak terlalu memakan banyak tempat.

 

 

 

Leave a reply

 
 
loading