Bromelia


 

Posted on
Monday, September 22nd, 2014
at 5:53 pm

Author
admin

Category
Non Orchid

Bromelia merupakan tanaman yang termasuk kedalam keluarga Bromeliaceae yang berasal dari Argentina dan Brazil. Warga Amerika Latin mengenal Bromelia sebagai tanaman obat, yakni obat cacing. Tanaman yang masih satu keluarga dengan nanas ini kaya akan kalsium dan vitamin C. Bromelia juga disebut tanaman nanas hias. Jumlah spesies bromelia di dunia mencapai belasan, namun yang populer di Indonesia adalah bromelia alta, bromelia flemingii, bromelia scarlatina, bromelia antiacan, bromelia goeldiana, bromelia horsti, dan bromelia  karatas.

Salah satu daya tarik bromelia adalah terletak pada roset daunnya yang selalu bagus. Roset daun bromelia ini regular. Sangat berbeda dengan anthurium yang rosetnya tidak beraturan atau tidak regular. Biasanya bromelia tumbuh tanpa batang. Warna daun dan bunganya cemerlang hampir disegala musim. Bunga pada bromelia tahan 2 (dua) hingga 3 (tiga) bulan. Rata-rata sebuah bromelia memiliki 40 (empat puluh) helai daun yang bagian ujungnya melengkung. Dan pada beberapa spesies tertentu bagian daunnya bergerigi.

Untuk merawat bromelia  agar tetap cantik, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, yaitu :

  • Suhu dan kelembaban, sebagai tanaman asli hutan tropis bromelia menyukai tempat yang lembab dengan sirkulasi udara yang baik. Idealnya, kelembaban yang disukai tanaman ini sekitar 60 % dengan suhu 15-30° C. Pada dasarnya bromelia bisa ditanam dimanapun dari dataran rendah hingga dataran tinggi asalkan suhu dan pencahayaannya disesuaikan dengan kebutuhan tanaman. Untuk menjaga kelembaban biasanya dilakukan penyiraman dan pengabutan;
  • Kebutuhan air, berbeda dengan tanaman hias jennies lainnya, akar bromelia  tidak hanya bertugas menyerap nutrisi dan air tetapi juga  berperan sebagai penopang. Sehingga bromelia dapat tumbuh didaerah bebatuan. Penyiraman sebaiknya dilakukan ketika bromelia terlihat kering. Kondisinya akan berbeda ketika cuaca panas, hujan maupun mendung. Ciri bromelia yang kekurangan air adalah tampak pada daunnya yang berubah warna menjadi kuning.
  • Intensitas cahaya matahari, biasanya bromelia tidak tahan dengan sinar matahari langsung dalam jangka waktu yang lama. Ciri bromelia yang dapat beradaptasi dengan alam terbuka adalah bromelia yang berdaun tebal, kaku, berduri tajam, dan berwarna abu-abu hijau atau abu-abu keperakan.
  • Media tanam, komposisi media tanam yang cocok untuk bromelia terdiri dari cocopeat, sekam, cacahan pakis, dan humus andam. 

 

 

 

Leave a reply

 
 
loading