Bonsai


 

Posted on
Monday, November 24th, 2014
at 7:01 pm

Author
admin

Category
Non Orchid

Bonsai adalah tanaman atau pohon yang dikerdilkan. Dengan tujuan membuat miniatur dari pohon besar yang hidup bebas. Penanaman dilakukan di dalam pot yang kemudian disebut bon dalam bahasa Jepang. Bonsai sendiri merupakan seni tradisional jepang dalam pemeliharaan tanaman. Hal ini dilakukan sebagai bentuk apresiasi dari keindahan daun, batang dan akar pohon serta pot yang menjadi wadah dari pohon secara keseluruhan. Umumnya tanaman yang bisa dipakai untuk bonsai adalah semua jenis tanaman yang memiliki umur hidup yang lama dan biasanya menggunakan tanaman berkayu.

Tanaman atau pohon yang akan dibonsai biasa disebut bakal bonsai. Bakal bonsai ini didapatkan melalui berbagai perbanyakan, seperti biji, stek, cangkok, okulasi maupun enten. Namun perbanyakan melalui cara apapun bakal bonsai harus memenuhi beberapa syarat jika ingin tumbuh sempurna. Dibawah ini dijelaskan beberapa syarat tersebut.

  • Tanaman berkeping dua atau dikotil merupakan tanaman yang keras dan berkambium. Jenis tanaman ini merupakan tanaman ini yang paling cocok dibonsai.
  • Berumur panjang, dikarenakan bonsai merupakan seni yang terus tumbuh maka dibutuhkan tanaman yang bisa bertahan hidup puluhan bahkan ratusan tahun.
  • Tahan hidup menderita, sebaiknya tanaman yang dibonsai adalah tanaman yang tahan terhadap hujan dan panas. Selain itu juga tahan terhadap wadah yang sempit. Dan tanaman harus bisa bertahan hidup meski jumlah makanan dan nutrisi yang diberikan terbatas.
  • Bentuk tanaman yang dibonsai hendaknya yang indah secara alami. Keindahan tersebut meliputi keindahan akar, batang, daun, maupun buah.

Beberapa jenis bonsai, yaitu bonsai rempelas, bonsai anting putri, bonsai asam jawa, bonsai asam belanda, bonsai loa, bonsai kimeng, bonsai santigi, bonsai cemara, bonsai delima batu, bonsai jambu kerikil, bonsai jeruk kingkit, bonsai kawista, bonsai kemuning dan lain-lain. Membentuk tanaman bonsai pada hakikatnya adalah membuat duplikat bentuk-bentuk pohon besar yang hidup dialam bebas. Di bawah ini akan dijelaskan 2 tahap pembentukan bonsai.

  • Pertama, pembentukan kerangka dasar. Bakal bonsai yang sudah siap di beri kerangka adalah bonsai yang sudah benar-benar siap atau dalam artian sudah sehat pasca pemindahan. Batangnya sudah kuat dan tingginya sudah sesuai dengan yang diinginkan.
  • Kedua, pembentukan arah. Membentuk arah dan tumbuhnya batang pokok dan dahan merupakan suatu keharusan dan akan memakan waktu hingga bentuk dan arah yang dihendaki tercapai. Untuk itu diperlukan beberapa alat untuk membentuknya yaitu, kawat kuningan, tali raffia, tang untuk memotong kawat dan gunting untuk memangkas dan pisau.
 

 

Leave a reply

 
 
loading