Binahong


 

Posted on
Saturday, September 13th, 2014
at 1:31 pm

Author
admin

Category
Non Orchid

Binahong merupakan bahasa Korea yang biasa dimanfaatkan sebagai tanaman herbal. Tanaman ini mudah tumbuh di dataran rendah dan dataran tinggi. Tumbuh baik pada kondisi setengah teduh atau teduh. Jadi tidak perlu terkena sinar matahari. Binahong berasal dari Madagaskar dan biasa tumbuh di dalam hutan. Binahong merupakan tanaman yang merambat seperti gondola biasa terdapat dipagar atau gapura. Kandungan yang terdapat di daun Binahong cukup banyak, diantaranya antioksidan, asam arkobat, total fenol, dan protein yang cukup tinggi sehingga bermanfaat menyembuhkan berbagai penyakit.

Bagian yang digunakan sebagai obat adalah batang, umbi dan daun. Namun yang lebih sering digunakan adalah daun binahong. Terdapat 2 variasi Binahong yaitu Basella alba yang memiliki daun hijau gelap. Dan yang kedua adalah Basella rubr yang memiliki batang dan tulang daun yang berwarna merah. Keduanya merupakan tumbuhan herba, merayap atau memanjat. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa cara pengolahan binahong untuk menyembuhkan beberapa penyakit.

  • Mengobati jerawat : ambil 5 daun Binahong atau lebih dan tumbuk hingga hancur. Langsung oleskan pada wajah secara teratur. Ada baiknya jika dioleskan pada malam hari sebelum tidur. Ulangi sampai wajah terlihat halus. Jika ingin hasil yang lebih maksimal ambil 5 – 6 lembar air daun Binahong. Kemudian rebus dalam 2 gelas air hingga tersisa satu gelas. Lalu diminum, agar rasanya lebih enak bisa ditambah dengan madu.
  • Mengobati luka berdarah : ambil daun Binahong secukupnya kemudian cuci bersih,  tumbuk hingga halus. Oleskan pada bagian tubuh yang bengkak atau luka secara merata. Lakukan berulang apabil luka masih atau kondisi luka yang parah.
  • Mengobati disentri : ambil 10 lembar daun Binahong kemudian dicuci bersih. Setelah itu direbus dalam 2 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Kemudian diminum setiap hari secara rutin agar disentri cepat sembuh.
  • Kurang nafsu makan, ambil 5 lembar daun binahong lalu di cuci bersih. Setelah itu di rebus dengan 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas kemudian di dinginkan kemudian disaring. Airnya diminum setiap hari.
  • Melancarkan haid, siapkan 3 lembar daun binahong kemudian di rebus dalam 2 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Kemudian airnya diminum secara rutin.

 

 

 

Leave a reply

 
 
loading