asam jawa

Asam Jawa


 

Posted on
Friday, September 26th, 2014
at 2:44 pm

Author
admin

Category
Non Orchid

Asam jawa merupakan tumbuhan yang tidak asing bagi masyarakat di Indonesia karena biasa dijadikan sebagai bumbu rempah pada masakan. Diperkirakan tumbuhan ini berasal dari Afrika Timur, penyebaranya hingga Asia tropis, Karibia, dan Amerika Latin. Namun selain dijadikan sebagai bumbu rempah untuk memasak ternyata juga memiliki manfaat yang luar biasa untuk kesehatan. Asam jawa ampuh sebagai obat untuk penyakit yang ringan maupun yang berat. Kandungan yang terdapat dalamnya antara lain gula infar, zat gula, tartrat, asam-asam yang diikat oleh kalium, pectin, selulosa,plavonoid, dan vitamin A.

Beberapa penyakit yang dapat disembuhkan oleh buah ini adalah nyeri ketika haid, radang tenggorokan atau difteri, batuk kering, darah rendah. Selain itu asam jawa juga berkhasiat untuk melancarkan buang air besar dan melancarkan peredaran darah. Asam jawa juga dapat menambah nafsu makan , maka tidak heran jika menikmati menu makan siang dengan asam jawa rasanya akan lebih nikmat dan nafsu makanpun meningkat. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa ramuan dengan asam jawa untuk penyembuhan beberapa penyakit.

  • Menurunkan demam pada bayi, caranya dengan menggunakan buah yang sudah masak yang telah diolah dan warnanya hitam, kemudian kunyit masing-masing 1 (satu) ibu jari, daun melati muda sebanyak 5 (lima) lembar, daun bawang 2 (dua) tangkai, kemudian semua bahan dicuci bersih lalu ditumbuk sampai halus. Setelah itu ditempelkan pada ubun-ubun bayi. Cara ini dilakukan hingga demam berangsur turun.
  • Mengatasi sariawan, caranya dengan mengambil satu cangkir daun asam jawa yang masih muda kemudian dicuci bersih, kemudian sepotong kunyit selebar 5 (lima) cm di iris tipis. Setelah itu direbus dengan 4 (empat) gelas air sampai mendidih dan tersisa setengahnya. Supaya rasanya agak nikmat tambahkan sedikit gula aren ketika merebus. Lalu diminum 2 (dua) kali sehari setiap pagi dan sore. Ulangi cara ini beberapa kali hingga keadaan membaik.
  • Radang tenggorokan, yaitu dengan mengambil asam jawa kemudian lobak, bawang merah, masing-masing 5 (lima) gram, daun pepaya 10 (sepuluh) gram. Selain asam semua bahan ditumbuk kemudian diberi air, lalu diperas airnya kemudian baru ditambahkan asam. Seduh dengan air panas lalu diaduk hingga merata. Gunakan untuk kumur selagi hangat. Cara ini dilakukan 3 (tiga) kali sehari.
  • Pencegahan kolesterol tinggi, caranya dengan mengambil 150-200 gram daun asam jawa lalu kemudian ditumbuk halus. Ditambah dengan segelas air mendidih kemudian disaring. Setelah itu diminum tiga kali sehari. 

 

 

 

Leave a reply

 
 
loading