Adas


 

Posted on
Wednesday, March 4th, 2015
at 2:50 pm

Author
admin

Category
Non Orchid

Adas merupakan tumbuhan yang digunakan sebagai obat. Adas berasal dari Eropa Selatan dan Asia. Tanaman ini biasanya hidup baik di dataran tinggi walau pada kenyataannya tumbuhan ini dapat tumbuh didataran rendah. Bagian yang digunakan sebagai obat biasanya adalah buah adas yang sudah masak. Buahnya yang telah masak kemudian dijemur sampai kering. Kandungan kimia pada Adas adalah Anetol, minyak atsiri, Anisaldehid, Limonen, asam lemak, Felandren, asam anisat, Kamfen, Umbeliferona, dan Stigmasterol.

Aroma yang dikeluarkan oleh tumbuhan adas bersifat seperti aroma terapi yang menyegarkan dan menghangatkan.Itu juga sebabnya adas menjadi salah satu bahan pembuatan minyak telon. Rasa buahnya yang seperti kamfer dapat memperlancar peredaran darah. Manfaat adas adalah merangsang kerja organ pencernaan, melancarkan buang angin, menghangatkan badan, dan dapat membantu memperlancar dahak, menghancurkan ginjal, penambah nafsu makan dan mengurangi insomnia.

Dibawah ini akan dijelaskan cara menyembuhkan beberapa penyakit dengan adas.

  • Haid tidak teratur

Siapkan 1/2 sendok teh adas, lalu bunga dan daun srigading masing-masing 1/5 genggam, jinten hitam 3/4 sendok teh, pulosari 1/2 jari, jeruk nipis 2 buah, bunga kesumba keling 2 kuntum, gula batu sebesar telur ayam, dicuci kemudian dipotong-potong. Lalu rebus semua bahan-bahan tadi dengan 3 gelas air sampai tersisa 2 ¼ gelas. Setelah dingin disaring, kemudian diminum 3 kali sehari, masing-masing 3/4 gelas.

  • Batuk

Buah adas yang telah menjadi serbuk sebanyak 5 gram diseduh dengan 1/2 cangkir air mendidih kemudian disaring, lalu ditambahkan dengan 1 sendok teh madu. Aduk hingga kedua bahan tercampur merata kemudian diminum 2 kali sehari atau sampai batuk reda.

  • Sariawan

Siapkan adas 3/4 sendok teh, daun iler 1/5 gram, daun saga 1/4 genggam, daun sembung 1/4 genggam, sisik naga 1/5 genggam,ketumbar 3/4 sendok, pegagan 1/4 genggam, pulosari 3/4 jari, kunyit 1/2 jari, daun kentut 1/6 genggam, lempuyang wangi 1/2 jari, kayu manis 3/4 jari, gula merah 3 jari kemudian dicuci dan dipotong-potong. Lalu rebus bahan-bahan tersebut dengan 4 ½ gelas air bersih sampai tersisa setengahnya. Setelah dingin disaring, lalu diminum sehari tiga kali dengan dosis 3/4 gelas tiap minum.

  • Sesak napas

Untuk mengobati sesak napas bisa dilakukan dengan mencampurkan minyak adas sebanyak 10 tetes dengan satu (satu) sendok makan air panas. Lalu diminum selagi hangat. Minum 3 (tiga) kali sehari atau sampai sesak napas mulai berkurang.

 

 

Leave a reply

 
 
loading