Anggrek Alas Roban


 

Posted on
Tuesday, November 27th, 2007
at 9:42 am

Author
admin

Category
Jalan - jalan

anggrek alas roban atau dalam Bahasa Indonesia berarti Anggrek Hutan Roban.  Alas roban sendiri adalah hutan yang terletak di jalur pantura Jawa, tepatnya berada di Kabupaten Batang. Setiap perjalanan dari Jakarta menuju Semarang, anda akan melewati Alas Roban. Hutan ini terdiri dari tanaman Pohon Jati dan banyak yang merupakan pohon jati tua, bahkan ditanam sejak jaman penjajahan belanda. Suasana teduh dan rindang, menjadikan alas roban sebagai salah satu tempat istirahat favorit di jalur pantura.
Di suatu pagi yang cerah, kami kembali melintasi Alas Roban dari arah Jakarta cocok sekali beristirahat dan mendinginkan mesin setelah menempuh perjalanan jauh. Setelah memarkir mobil di tempat yang teduh, pandangan terbentur adanya anggrek Dendrobium yang menempel di ketinggian pohon jati. Sebagai pecinta anggrek membawa naluri kami untuk sedikit masuk ke dalam hutan untuk melihat anggrek apa saja yang menempel di ketinggian pohon jati. Perjalanan masuk kedalam tidaklah sia sia, kami menemukan beberapa jenis anggrek alas roban. Dari pengamatan menggunakan mata biasa tanpa menggunakan teropong bisa diketemukan sebagai berikut:
  1. Dendrobium crumenatum atau anggrek merpati, jenis anggrek dendrobium spesies yang paling adaptif
  2. Dendrobium secundum atau nama lokalnya anggrek sikat botol, sangat mudah dikenali karena sedang musim berbunga berwarna merah ungu
  3. Rhynchostylis retusa atau biasa disebut dengan anggrek buntut bajing
  4. Ascocentrum miniatum atau keluarga vanda mini yang juga banyak menempel di batang pohon jati.

Bisa jadi ada anggrek alas roban lainnya yang tidak sempat kami ketemukan, bagi anda pecinta anggrek tidak ada salahnya sambil beristirahat mendingingkan mesin dan menjelajahi alas roban ini. Http://www.anggrek-lintang.com adalah catatan kecil tentang perawatan dan pemeliharaan tanaman hias.

Retusa kah…?

Secundum di ketinggian pohon jati…

 

 

 

Leave a reply

 
 
loading