How to Spot Dendrobium


 

Posted on
Saturday, March 7th, 2015
at 6:26 pm

Author
admin

Category
How To

 

Klasifikasi :

Kingdom         : Plantae

Divisi             :  Angiosperm

Class              : Monocots

Ordo               : Asparagales

Family           : Orchidaceae

Genus            : Dendrobium

            Dendrobium adalah genus tanaman anggrek yang banyak terdapat di Asia. Genus ini termasuk salah satu genus terbesar dari kelompok tanaman anggrek. GenusDendrobium mempunyai kurang lebih 1200 spesies yang tumbuh di berbagai macam iklim, mulai dari iklim panas, dataran rendah basah, dan pegunungan yang dingin. BiasanyaDendrobium mulai berbunga saat akhir musim dingin. Bunga umumnya berbentuk seperti kupu-kupu. Anggrek ini rata-rata memiliki bunga mekar antara 4 hingga 10 kuntum perbatang. Bunga dari genus ini berkisar mulai dari yang berukuran kecil hingga besar dengan ukuran diameter antara satu hingga dua inchi. Bunga ini dapat bertahan cukup lama yaitu kurang lebih antara 8 sampai 10 minggu kemudian layu serta menjatuhkan bunga-bunganya.

            Sekuntum bunga Dendrobium memiliki ciri khas yaitu mempunyai tiga kelopak dan tiga sepal. Sepal ketiga biasa disebut dengan bibir atau labellum yang dimodifikasi. Bibir bunga muncul dengan berbagai macam bentuk tergantung spesies masing-masing. Bibir tersebut seringkali berfungsi sebagai tempat arahan dan penarik bagi serangga penyerbuk supaya mau datang dan membantuk proses penyerbukan. Bibir ini akan mempunyai bentuk yang berbagai macam dengan warna yang menawan dan indah. Saat masih kuncup, labellum biasanya terletak pada posisi paling atas dari bunga. Bunga dari spesiesDendrobium ini mekar terbuka dengan arah 180 derajat pada sekitar tangkai bunga dan posisi bibir terletak pada bagian bawah. Organ-organ reproduksi (benang sari dan putik laki-laki perempuan) dari bunga anggrek dendrobium telah berubah menjadi struktur yang disebut kolom yang sering disembunyikan oleh labelum tersebut.

Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada suhu antara 65oF dan 75oF saat siang hari serta antara 55oF dan 60oF pada saat malam hari. Tanaman yang diletakkan di dekat jendela bisa jadi lebih panas saat siang hari dan lebih dingin saat malam hari. PemupukanDendrobium harus dilakukan secara seimbang. Pemupukan yang tepat akan membuat anggrek tumbuh subur. Sirkulasi udara yang tidak baik menyebabkan tanaman rentan terhadap serangga dan jamur.

 

 

Leave a reply

 
 
loading