How to Spot Cattleya


 

Posted on
Friday, March 6th, 2015
at 11:43 pm

Author
admin

Category
How To

Klasifikasi

Kingdom : Plantae

Divisi : Magnoliophyta

Class : Liliopsida

Ordo : Asparagales

Family : Orchidaceae

Genus : Cattleya

William Cattley, adalah salah satu Botanist yang melakukan penelitian tentang tanaman anggrek ini ketika pertama kali specimen anggrek ini datang. Oleh karena itu spesies ini dinamakan Cattleya. Genus ini mempunyai kurang lebih 42 (empat puluh dua) spesies.Cattleya tumbuh di daerah tropis di Amerika Selatan dan Kosta Rika.

Anggrek ini merupakan anggrek yang terkenal karena bunganya yang besar dan tersedia berbagai macam warna dan bentuk. Genus ini memiliki dua kelopak yang berumbai. Salah satu kelopak tersebut berkembang menjadi bibir yang berjumbai. Ketiga kelopak bunga yang lainnya sempit dan biasanya di tandai dengan titik-titik. Bunga hasil persilangan dapat berukuran panjang hingga 15 (lima belas) cm untuk setiap warna kecuali untuk warna biru dan hitam. Setiap tangkai rata-rata mempunyai bunga mulai dari satu hingga sepuluh kuntum bunga.

Cahaya merupakan faktor yang terpenting bagi pertumbuhan Cattleya. Tumbuhan ini membutuhkan cahaya yang terang, tetapi sebaiknya hindarkan cahaya matahari langsung saat terik. Hal itu karena cahaya yang kuat saat tengah hari dapat menyebabkan warna kuning pada daun yang mereka miliki. Namun, apabila daun berwarna hijau tua makan menandakan bahwa anggrek tersebut kekurangan cahaya. Suhu yang tepat untuk tumbuh adalah antara 70oF hingga 85oF pada siang hari dan antara 55oF hingga 60oF saat malam hari. Tumbuhan ini juga memerlukan cukup air, tetapi perlu menunggu tanaman hingga kering terlebih dahulu sebelum menyiram kembali. Tanaman yang masih bibit memerlukan kelembaban yang lebih ekstra daripada yang dewasa.

Perlu campuran media yang tepat supaya anggrek dapat tumbuh dengan baik. Contoh campuran yang baik untuk media tanam anggrek Cattleya adalah kulit cemara kasar dan sedang. Wadah sebaiknya diberikan tempat pengeluaran air yang tepat supaya akar tidak busuk setelah disiram. Saat tanaman mulai aktif tumbuh, ia memerlukan pupuk sebanyak dua minggu sekali pemberian, sedangkan tanaman yang sudah dewasa cukup satu bulan sekali.

 

 

Leave a reply

 
 
loading