How to Spot Bulbophyllum


 

Posted on
Thursday, October 2nd, 2014
at 9:31 pm

Author
admin

Category
How To

Klasifikasi

Kingdom : Plantae

Divisi : Magnoliophyta

Class : Liliopsida

Ordo : Asparagales

Family : Orchidaceae

Genus : Bulbophyllum

Bulbophyllum adalah salah satu genus terbesar dari keluarga Orchidaceae yaitu terdiri dari lebih dari 2000 spesies. Spesies tersebut meliputi tumbuhan asli Afrika, Asia, Amerika. Nama  Bulbophyllum berasal dari bahasa latin yang berarti daun yang seperti umbi. Tanaman ini dapat ditemukan di hutan pegunungan Papua Nugini, Australia, Asia Tenggara, Afrika, Madagaskar, daerah tropis Amerika Tengah dan Amerika Selatan. Beberapa spesies yang rentang geografisnya cukup sempit dan memperlihatkan hubungan yang khusus dengan pohon inang, serangga penyerbuk, jamur mikoriza dan faktor lingkungan yang lain. Seiring menipisnya hutan dengan pohon berdaun lebar maka banyak habitat dari genus ini terganggu sehingga terancam punah.

Mayoritas spesies dari genus ini tumbuh di daerah tropis, hidup epifit. Hanya sebagian kecil yang hidup litofit. Suhu yang hangat, cahaya cukup dan kelembaban yang tepat diperlukan supaya anggrek ini dapat hidup dan berbunga dengan baik. Tanaman ini membutuhkan pencahayaan yang menengah atau teduh sebagian, yaitu mirip dengan habitat asli mereka yang teduh karena pada hutan berdaun lebar. Tumbuhan ini akan tumbuh lebih baik apabila dalam kondisi lembab. Pemupukan sebaiknya dilakukan sebulan sekali dan diberikan secara berimbang. Untuk spesies ini lebih baik kekurangan pupuk daripada kelebihan pupuk. Perbanyakan sebagian besar dilakukan dengan cara split.

Genus Bulbophyllum biasanya mempunyai bunga dengan warna dan bentuk yang menarik. Selain menarik serangga dengan baunya yang menyengat, bunga ini juga menggunakan bentuk mahkotanya untuk menarik serangga dalam membantu penyerbukan. Sebagian besar spesies Bulbophyllum memiliki daun tunggal. Berikut ini adalah beberapa contoh spesies dari Bulbophyllum: Bulbophyllum barbigerum, Bulbophyllum beccarii, Bulbophyllum macrei, Bulbophyllum medusae, Bulbophyllum purpurea, Bulbophyllum falcatum, Bulbophyllum flaviforum, Bulbophyllum globuliforme, Bulbophyllum crassulifolium, dan Bulbophyllum makayanum.

 

 

Leave a reply

 
 
loading