How to Spot Brassavola


 

Posted on
Wednesday, October 1st, 2014
at 9:57 am

Author
admin

Category
How To

Klasifikasi

Kingdom : Plantae

Divisi : Magnoliophyta

Class : Liliopsida

Ordo : Asparagales

Family : Orchidaceae

Genus : Brassavola

Brassavola adalah genus anggrek yang berbau harum tetapi biasanya hanya berbau harum saat malam hari. Bau harum tersebut bermanfaat untuk menarik ngengat yang biasanya membantu penyerbukan pada malam hari. Tanaman ini berbunga setiap tahun. Apabila dibandingkan dengan genus Cattleya, genus Brassavola memiliki ukuran yang lebih kecil tetapi warnanya lebih mencolok. Anggrek ini tumbuh secara epifit. Genus  Brassavola memiliki kurang lebih 17 (tujuh belas) spesies dan semuanya berasal dari daerah tropis Amerika. Nama Brassavola diberikan pada tahun 1813 oleh seorang ahli dari Skotlandia bernama Robert Brown. Nama Brassavola diambil dari nama seorang bangsawan Venesia sekaligus dokter yaitu Antonio Musa Brassavola. Spesies dari genus Brassavola tersebar luas hingga ke Meksiko, Amerika Tengah, Hindia Barat, dan Amerika Selatan.

Spesies yang paling umum dikenal adalah Brassavola nodosa, dapat tumbuh dengan mudah pada keranjang. Anggrek ini memiliki daun dengan bentuk tubular, panjang, tipis dan dapat mencapai panjang hingga kaki. Daun terkadang muncul dalam bentuk gulungan dan mendatar. Daun tersebut langsung muncul dari rimpang yang dimilikinya. Daun berbentuk tubular bermanfaat untuk mengurangi penguapan air sehingga dapat bertahan saat berada dalam kondisi kekeringan.

Bunga Brassavola berbentuk seperti sendok, seperti bibir dengan kelopok bunga dan sepal yang menyempit hingga berbentuk seperti tombak. Bunga ini berwarna putih, tetapi tanaman ini telah banyak disilangkan sehingga menciptakan berbagai macam warna yang indah dan menarik. Daun yang berwarna hijau tua menandakan bahwa tanaman tidak mendapatkan cahaya yang cukup.

Anggrek Brassavola biasanya membutuhkan cahaya yang terang bahkan sinar matahari langsung. Penyiraman dapat dilakukan apabila media kering. Daun yang terlihat terkulai dan keriput, menandakan tanaman kekurangan air dan harus segera di siram dengan air. Pemupukan untuk tanaman ini dilakukan sepanjang tahun dengan larutan pupuk yang tidak terlalu pekat. Brassavola membutuhkan suhu yang hangat supaya bunga dapat mekar dengan baik. Bunga mekar saat malam musim panas. Bunga dapat bertahan antara lima hingga tiga puluh hari tergantung jenis anggreknya.

 

 

Leave a reply

 
 
loading