ascocentrum

How to Spot Ascocentrum


 

Posted on
Friday, September 26th, 2014
at 11:35 am

Author
admin

Category
How To

Ascocentrum adalah salah satu kerabat Vanda yang dianggap sebagai miniatur anggrek karena bentuknya yang mirip sekali dengan anggrek dan berukuran kecil. Bunga dari genus ini berwarna cerah, tumbuh tegak dan tumbuh dari batang. Spesies dari genus ini sering disilangkan dengan Vanda, genus dari hasil persilangan dinamakan Ascocenda. Sebagian spesies dari Ascocentrum memiliki bercak gelap pada daun yang dimilikinya. Warna yang banyak ditemukan dari genus ini adalah kuning, pink, dan ungu. Setiap bunga yang dimiliki memiliki taji pendek dan nektar, dan di bagian belakang bunga terdapat bibir bunga yang berfungsi untuk menarik serangga penyerbuk. Ada sekitar 12 (dua belas) spesies yang tergolong dalam genus Ascocentrum dan semuanya berasal dari seluruh penjuru Asia Tenggara. Anggrek Ascocentrum adalah tumbuhan monopodial yaitu tumbuhan yang tumbuh dari satu pokok batang. Akar tumbuh dari bagian bawah batang tersebut. Daun Ascocentrum muncul dari bagian bawah batang, tersusun berselang-seling kanan kiri batang, berbentuk seperti tali.

Klasifikasi

Kingdom : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Class : Liliopsida
Ordo : Asparagales
Family : Orchidaceae
Genus : Ascosentrum

Spesies Ascocentrum membutuhkan cahaya yang cukup banyak supaya tumbuh dengan baik. Meskipun demikian, sebaiknya pemberian cahaya matahari langsung dilakukan secara bertahap. Pada alam liar, tanaman ini tumbuh pada pohon gugur sehingga saat musim gugur pohon tersebut maka tanaman ini mendapatkan sinar matahari langsung secara maksimal. Ascosentrum membutuhkan penyiraman yang sering, penyiraman dapat dilakukan setiap hari. 

Tanaman ini dapat di tanaman di dalam pot maupun di tempel pada lembaran kulit kayu. Kelembaban yang dibutuhkan oleh tanaman Ascosentrum adalah sekitar 70%. Suhu yang baik untuk tumbuh adalah antara 24o C hingga 29o C pada siang hari dan antara 10o C sampai 15o C pada malam hari. Tumbuhan indah ini biasanya berbunga saat akhir musim dingin atau awal musim semi. Meskipun membutuhkan kelembaban, tetapi apabila penyiraman dilakukan secara berlebih dapat membuat akar anggrek ini menjadi rusak.

 

 

Leave a reply

 
 
loading