How to Spot Arundina


 

Posted on
Wednesday, September 24th, 2014
at 6:04 pm

Author
admin

Category
How To

Klasifikasi

Kingdom : Plantae

Divisi : Magnoliophyta

Class : Liliopsida

Ordo : Asparagales

Family : Orchidaceae

Genus : Arachnis

Arundina adalah genus anggrek yang hanya memiliki anggota satu spesies saja yaitu Arundina graminifolia. Arundina Graminifolia mempunyai 2 (dua) varian, yaitu Arundina Graminifolia var. graminifolia dan Arundina graminifolia var. revoluta.

Genus dari tumbuhan anggrek ini tersebar mulai dari India, Sri Lanka, Nepal, Thailand, Vietnam, Kepulauan Ryuku, Cina, Malaysia, Filipina, Indonesia dan New Guinea. Bunga ini sudah populer dibudidayakan di kalangan masyarakat. Nama Arundina berasal dari bahasa latin yang memiliki arti pembuluh. Sedangkan Graminifolia berarti daun seperti rumput. Bunga anggrek ini juga sering disebut anggrek bambu, mungkin karena batangnya yang mirip dengan bambu.

Tumbuhan ini dapat tumbuh dengan batang hingga 3 (tiga) meter. Meskipun sepintas seperti rumput, tetap ada hal yang membedakan tumbuhan ini dengan rumput yaitu bagian batangnya. Bagian batang rumput berongga sedangkan pada Arundina pejal atau solid. Daun Arundina panjang dan sempit seperti rumput. Bagian daun juga terdapat pelepah yang memeluk atau menyelubungi batang. Bunga dari genus ini biasanya terletak diujung batang. Seringkali hanya tumbuh satu, tetapi kadang juga mampu tumbuh bunga hingga 10 (sepuluh) kuntum dalam satu kelompok. Sebagaimana bunga anggrek lainnya, bunga anggrek dari genus Arundina ini mahkota bunganya juga terdiri dari sepal dan tepal. Bunga ini terdiri dari 3 (tiga) sepal, 3 (tiga) kelopak. Kelopak bunga bagian tengah disebut labellum atau bibir dan bentukkan berbeda dari lainnya dan berukuran lebih besar.

Tumbuhan ini mudah berkembangbiak menggunakan keikis yang menggembung pada bagian bawahnya. Saat keikis memiliki akar beberapa cm, maka saat itulah keikis dapat dipindahkan dari tanaman induknya untuk ditanam dalam media yang baru. Tanaman ini termasuk tanaman yang kuat karena dapat tetap bertahan meskipun kurang terawat. Tanaman ini termasuk tumbuhan terestrial sehingga media yang tepat untuk menanam di dalam pot adalah campuran tanah atau kompos, dan kulit cemara halus. Anggrek bambu harus segera disiram apabila mengalami kekeringan. Apabila ditanam pada daerah beriklim hangat sebaiknya di tanam diluar ruangan. Pemupukan yang teratur akan menentukan kualitas bunga yang dihasilkan. Tanaman ini membutuhkan sinar matahari langsung untuk tumbuh dengan baik. Tumbuhan ini dapat tumbuh dengan baik pada suhu antara 24 hingga 29 derajat Celcius.

 

 

Leave a reply

 
 
loading