How to Spot Aerides


 

Posted on
Wednesday, September 17th, 2014
at 8:41 am

Author
admin

Category
How To

Klasifikasi:

Kingdom : Plantae

Ordo : Asparangales

Family : Orchidaceae

Genus : Aerides

Aerides adalah nama sebuah genus dari tanaman bunga anggrek.  Tumbuhan ini memiliki daun pendek, berwarna hijau, kasar dan tersusun membentuk seperti kipas. Anggrek ini berbunga saat akhir musim semi dan musim panas. Terdapat dua puluh kuntum bunga pada setiap tangkai malai. Bunga berwarna emas dengan bibir bunga berwarna putih. Beberapa spesies juga ada yang berwarna kuning pucat dengan bibir berwarna merah, bahkan pink untuk yang berasal dari Phillipine. Anggrek ini soft fragrant, biasanya di pagi hari aromanya akan lebih tajam. Secara morfologi tumbuhan ini mirip dengan tanaman dari genus Vanda.

Tumbuhan ini biasa hidup di bawah sinar matahari. Aerides termasuk genus anggrek tropis, sehingga membutuhkan suhu yang hangat supaya dapat tumbuh dengan baik. Tumbuhan ini tumbuh tanpa akar mengenai tanah. Anggrek ini dapat tumbuh dengan baik dengan perairan yang cukup dan sirkulasi udara yang baik. Panas matahari yang berlebihan terutama saat siang hari dapat membuat daun anggrek jenis ini menjadi hangus atau berwarna dominan kuning. Kekurangan sinar matahari juga dapat mencegah tumbuhan eksotis ini berbunga.  Bunga ini menyukai banyak sinar matahari tetapi bukan terlalu panas sehingga dibutuhkan screening untuk anggrek yang tubuh pada matahari terik. Sinar matahari yang cukup membuat tanaman ini berbunga melimpah. Anggrek jenis ini sebaiknya tidak di letakkan pada suhu kurang dari 50o F untuk waktu yang lama dan perlu perlindungan ekstra saat musim dingin tiba. Media tanam yang baik bagi anggrek genus ini adalah potongan pohon pakis, dan serat kulit kasar dan dapat juga ditambah dengan kerikil. Kita juga bisa menempel jenis ini di batang kayu. Tanaman ini tumbuh sepanjang tahun dan memerlukan banyak air supaya tetap hidup dengan baik. Tumbuhan ini perlu pupuk tambahan.

Jenis anggrek ini dapat dijadikan untuk mempercantik ruangan atau rumah kaca pada daerah dengan iklim tropis. Dapat juga digunakan sebagai tanaman penghias pohon dan juga dapat di tanam di dalam pot untuk digantung di teras. Bunga potongnya dapat dipakai untuk hiasan rambut, hiasan meja serta keranjang bunga.  Contoh spesies dari genus ini adalah Aerides lawrenciae, Aerides leeana, Aerides maculosa, Aerides multiflora, Aerides odorata, Aerides rosea, Aerides ringens, Aerides savagena, Aerides thibautiana, Aerides timorana, Aerides sukauensis, Aerides augustiana, Aerides crassifolia, Aerides crispa, Aerides falcata, Aerides emericii.

 

 

Leave a reply

 
 
loading