aerangis

How to spot Aerangis


 

Posted on
Sunday, September 14th, 2014
at 3:22 pm

Author
admin

Category
How To

Aerangis adalah salah satu genus dari tanaman anggrek. Genus ini memiliki jumlah spesies hampir 60 (enam puluh) spesies yang menyebar hingga ke Afrika, Madagaskar, Kepulauan Comoros, Sri Lanka sera Reunion. Tumbuhan ini sebagian besar hidup secara epifit tetapi ada pula yang hidup luthophytic. Tumbuhan ini tergolong berukuran kecil, biasanya menyukai kondisi yang teduh, hangat, serta lembab. Spesies dari genus ini biasanya tumbuh menempel pada batang bagian batang dan cabang utama dengan ketinggian hingga 2000 meter di atas permukaan laut. Batang terlihat kekar , biasanya tidak bercabang dan tetutup sisa-sisa daun yang masih menempel. 

Klasifikasi:

Kingdom : Plantae

Ordo : Asparangales

Family : Orchidaceae

Sub family : Epidendroideae

Genus : Aerangis

Daun bertipe distichous, berbentuk lonjong terbalik, berdaging, seperti kulit. Bunga juga terlihat gagah, berbau harum, berumur panjang dan termasuk bunga lilin. Tumbuhan ini dapat menghasilkan bunga hingga 18 kuntum bunga. Bunga tersusun  seperti ronce yang menggantung, berwarna putih, hijau, coklat, dan pink. Tidak terdapat kelopak pada bagian bunga ini. Bagian bibir bunga lebih sering mirip dengan kelopak bunga dengan dasar yang panjang. Akar tanaman ini sangat halus. Bunga ini memiliki sinonim nama ilmiah yaitu Aerangis venusta, Angorchis articulata, Angracenum rticulatum, Angraecum calligerum, Angrecum descendens dan Rhaphidorhynchus articulatus.

Berikut ini contoh beberapa spesies yang termasuk dalam genus ini:  Aerangis distincta, Aerangis ellisii dsb

Pembudidayaan Aerangis memerlukan tempat yang teduh. Saat membudidayakan tanaman ini sebaiknya mengatur perairan dengan tepat karena jika kekurangan atau kelebihan air maka tanaman akan kehilangan daunnya. Pengolahan tanaman yang tepat dibutuhkan supaya tanaman dapat berumur panjang dan dapat berbunga setiap tahun. Pupuk yang digunakan sebaiknya pupuk cair yang tidak kuat. Pupuk diberikan saat musim tanam yaitu saat akar akar dan daun baru diproduksi. Karena halusnya akar tumbuhan cantik ini maka diperlukan partikel yang lebih kecil sebagai media tanam. Aerangis dapat tumbuh di dalam pot, ditempel di batang kayu dan juga gabus.

Tertarik untuk mencoba?

 

 

Leave a reply

 
 
loading