Penamaan anggrek

Penamaan anggrek


 

Posted on
Sunday, May 18th, 2008
at 3:49 pm

Author
admin

Category
How To

Dulu, waktu awal-awal banget tertarik anggrek, suka bingung dengan nama anggrek itu sendiri. Sekarangpun, setelah mulai belajar sedikiiiiittt lebih banyak, masih suka bingung juga… Hahahah…sama berarti ya.

Ini ada tulisan mengenai penamaan anggrek yg sempet aku compile;

Seperti tanaman lain, anggrek juga mempunyai nama untuk memperjelas identifikasinya. Banyak anggrek yang diberi nama lokal (anggrek hitam, anggrek larat dsb), namun untuk mempermudah komunikasi, anggrek juga mempunya nama ilmiah yang menggunakan bahasa latin yg terdiri dari 2 (dua) kata, yaitu nama genus dan nama spesiesnya. Dari sebuah species mungkin ada yang mempunyai beberapa varietas, misal : dendrobium anosmum var. superbum, dendrobium anosmum var. huttonii, dll.

Contoh nama anggrek species :

  • Coelogyne pandurata (anggrek hitam).
  • Dendrobium crumenatum (anggrek merpati).
  • Dendrobium secundum (anggrek sikat).
  • Grammatophylum speciosa (anggrek tebu).
  • Phalaenopsis amabilis (anggrek bulan).

Contoh nama anggrek hibrida :

  • Dendrobium Blue Sky.


Anggrek juga mempunyai keistimewaan, yaitu kemampuannya untuk disilangkan dengan spesies lain atau bahkan genus lain.

Misalnya :

·Paphiopedilum billatum x Paphiopedilum niveum = Paphiopedilum Psyche.

·Cattleya x Epidendrum = Epicattleya

·Ascocentrum x Vanda = Ascocenda

·Brassavola x Cattleya = Brassocattleya

·Brassavola x Sophronitis x Laelia x Cattleya = Potinera

 

FYI, mailing list PAI JAKARTA on behalf of Frankie Handoyo pernah membahas “Penamaan Anggrek” ,sbb :

Satuan terkecil taksonomi tumbuhan adl species, namanya terdiri dari Genus misalnya : Dendrobium, dan specific epithet yg merupakan kata sifat yg dilatinkan, missal : wenzelii. Aturan penamaan ini tertera pada International Code of Botanical Nomencalturedan telah disepakati pada International Botanical Congress :

GenusEpithetAuthorTitleVolPageYear

Dendrobium wenzelii Ames Orchidaceae 5 : 144, 1915

Catatan :

Dendrobium adl nama Genus,Wenzelii adl specific Epithet, Ames adl Oakes Ames, nama scientist yg melakukan deskripsi. Orchidaceae adl nama jurnal/majalah yg menjadi wadah publikasi, 5 adl volume, 144 adl nomor halaman, dan 1915 adl tahun publikasinya.

Phalaenopsis amabilis (L.) Bl. Bijd. Fl. Ned Ind. 7 : 294, 1825

Catatan :
Jika sebuah tanaman telah dideskripsikan dan belakangan ditransfer ke Genus lainnya, maka specific epithet tetap dipertahankan dan author pertamanya diberi tanda kurung buka dan tutup.
Contohnya anggrek bulan pertama kali dideskripsikan oleh Carl v. Linne tahun 1753 dengan nama Epidendrum amabilis. Tahun 1825 lalu ditransfer ke Phalaenopsis oleh Carl Ludwig v. Blume dan dipublikasikan di The Bijdragen tot de Flora of Nederlandsch Indie pada volume 7 halaman 294.
L adalah kependekan dati Carl v. Linne
Bl adalah kependekan dari Carl Ludwig v. Blume

Biar ga keliru nama, anggrek di rumah kami beri label… Maklum, untuk ukuran pemula seperti kami, membedakan anggrek hanya dari bulb dan bentuk daun masih sangat besar peluang kelirunya hahaha…
Ada cerita lucu seputar label ini. Once upon a time, ada tetangga yg maen ke rumah…dia tanya : ‘mba..anggreknya koq dijual semua? Ga sayang ya?’ Karena ngerasa ga jualan, gantian aku tanya si tetangga : ‘dijual semua gimana?’ Trus dia tunjuk label anggrek dan bilang : ‘lhooo..aku kira ini tulisan hargaaa…!! ternyata nama anggreknya tokh…’ 🙂

 

 

Leave a reply

 
 
loading