Mengenal Anggrek Dendrobium


 

Posted on
Friday, November 30th, 2018
at 7:39 pm

Author
admin

Category
How To

Anggrek Dendrobium sendiri merupakan salah satu dari beberapa macam spesies Bunga Anggrek, yang paling terkenal di antara bunga anggrek hias yang lain. Anggrek spesies ini memiliki variasi warna yang sangat menarik dan lebih sering berbunga jika dibandingkan dengan spesies anggrek lainnya. Selain itu, Anggrek Dendrobium ini juga diketahui merupakan spesies anggrek dengan jenis paling banyak. Terdapat sekitar 1600 jenis anggrek yang tumbuh didataran rendah dan kebanyakan tahan akan udara panas. Hal tersebut kemungkinan disebabkan karena anggrek Dendrobium ini merupakan spesies yang mudah disilangkan, sehingga populasinya banyak dan beragam.

Dendrobium merupakan genus bunga anggrek hias yang epifit, yaitu anggrek yang menempel dan menumpang hidup pada batang tanaman lain. Hal ini dikarenakan anggrek dendrobium tumbuh tersebar di hutan tropis, yang merupakan habitat aslinya. Sehingga sedikit banyak berpengaruh terhadap cara hidupnya. Spesies anggrek ini pun dapat dikembangkan di dalam ruangan seperti di sudut kamar atau ruang tamu, maupun di luar ruangan, selama tidak terkena cahaya matahari secara langsung. Dengan kualitas keindahannya yang tidak perlu diragukan lagi, memelihara anggrek Dendrobium ini tergolong sangat fleksibel dan dapat dikembangkan dengan cukup mudah.

Dengan ciri fisik spesies ini yang unik, berupa sepal mirip segitiga, petalnya lebih tipis dari sepal, dan kaki kolom membentuk taji, menjadikan anggrek ini punya daya tariknya tersendiri. Hal paling lumrah mengapa orang-orang menyukai bunga anggrek ini adalah karena warnanya yang sempurna, dan dapat berbunga lebih dari dua tangkai, serta dapat bertahan lebih dari satu minggu. Selain itu, kelebihan lain yang dimiliki spesies bunga anggrek ini adalah dapat bertahan hidup meskipun kekurangan air. Karena anggrek ini dapat mengandalkan suhu dan kelembaban dari area sekitar tumbuhan ini ditanam.

Berikut ini terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melakukan penanaman dan perawatan anggrek Dendrobium:

  • Memilih bibit dan media tanam yang baik.
  • Menyiram tanaman setiap hari satu kali secara teratur.
  • Atur suhu antara 15 – 28 derajat Celsius.
  • Pilih pupuk dan nutrisi yang berkualitas untuk Dendrobium, supaya dapat tumbuh dengan baik.
  • Jangan menempatkan tanaman hias ini di area yang terlalu teduh ataupun tempat yang terlalu banyak terkena sinar matahari yang berlebihan untuk menjaga agar bunga ini tidak mengalami kekeringan sehingga layu dan mati.

Http://www.anggrek-lintang.com adalah media berbagi tentang perawatan tanaman hias.

 

 

Leave a reply

 
 
loading