Menanam Tanaman Hias

Menanam Tanaman Hias Anggrek Botolan


 

Posted on
Saturday, February 27th, 2016
at 11:58 am

Author
admin

Category
How To

Menanam Tanaman Hias

Budidaya Menanam Tanaman Hias anggrek dalam botol lebih menguntungkan karena dalam satu botol dapat tumbuh ratusan bibit, apabila bibit tersebut mampu tumbuh dengan baik hingga pra berbunga maka bunga tersebut dapat dijual. Jumlah bibit yang banyak dalam satu botol membuat harga bibit menjadi lebih murah tetapi tetap berharga mahal saat sudah tumbuh dewasa dan siap berbunga. Bagi para pemula, juga tidak jarang yang mengalami kegagalan meskipun sudah melakukan perawatan dengan begitu detail.

Saat memilih bibit anggrek dalam botol sebaiknya pilihlah bibit yang ukurannya seragam dan tidak terlalu kecil, lebih baik sedikit tapi ukurannya agak besar daripada banyak tetapi kecil-kecil. Bibit anggrek kecil lebih rentan terhadap penyakit, dan kurang mampu bersaing dengan yang besar. Bibit yang kecil tersebut juga lebih sulit tumbuh dengan baik. Selain memperhatikan ukuran pilihlah bibit yang bebas dari jamur.

Pemindahan anggrek dalam botol ke lingkungan luar biasanya sering menjadi penyebab terjadinya kegagalan saat proses perbanyakan anggrek. Pemindahan tersebut untuk melatih tanaman supaya mampu membuat makanan sendiri dan mampu bertahan di tengah suasana lingkungan luar.

Berikut panduan sederhana apabila Anda akan mencoba mengeluarkan bayi anggrek dari botol.

  • Awalnya botol dibuka, kemudian bibit anggrek dikeluarkan satu-satu menggunakan kawat yang sudah dibengkokkan ujungnya.
  • Bersihkan seluruh bagian bibit dari medium karena jika dibiarkan akan menjadi jamur.
  • Bibit yang sudah bersih kemudian direndam dalam air yang sudah dicampur larutan fungisida. Perendaman dilakukan kurang lebih 10 menit.
  • Bagian akar bibit yang mati juga sebaiknya dipotong menggunakan alat yang tajam, bisa gunting atau cutter. Setelah selesai, larutan kemudian dibuang dan tinggal bibitnya saja.
  • Letakkan bibit di atas kertas koran untuk dikelompokkan menurut ukurannya. Selama 1 hari bibit dikeringkan, tanpa sinar matahari dan tanpa terkena air hujan atau disebut diangin-anginkan. Proses tersebut untuk membantu anggrek beradaptasi dengan lingkungan sekitar yang kelembabannya relatif lebih rendah daripada di dalam botol.
  • Sebelum menanam di dalam pot, siapkan terlebih dahulu media tanam seperti akar pakis, sekam, lumut, atau sabut kelapa. Media tanam lebih baik dalam kondisi seteril. 
  • Setelah medianya siap, Anda dapat menanam bayi anggrek dalam pot komunitas.
  • Lebih baik letakkan kompot (komunitas pot) di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung, dan jangan lupa untuk selalu menjaga kelembaban media, sampai bayi anggrek siap dipindahkan dalam pot single.

Mudah bukan? Selamat mencoba.

Untuk tips – tips lainnya silahkan kunjungi Anggrek-lintang.com.

Tags: , , ,

 

 

Leave a reply

 
 
loading