Kenalkan Anggrek pada Anak Kita


 

Posted on
Wednesday, September 10th, 2014
at 1:02 pm

Author
admin

Category
How To

Mengenalkan lingkungan kepada anak-anak kita adalah hal yang baik untuk dilakukan. Kami percaya, semua orang tua juga mempunyai pikiran yang sama. Sehingga di rumah, tak jarang kami mengajak anak-anak untuk mulai mengenal lingkungan terdekatnya. Kami mulai dengan mengajak mereka menyiram tanaman, termasuk anggrek, bagaimana cara menanam, dan bahkan mulai mengenalkan jenis tanaman. Begitu pula dengan hewan. Kami mulai dengan mengajak mereka untuk memelihara ikan, kura kura, kelinci, burung, dan kucing.

Bagi kami, alam merupakan sumber bahan belajar yang tidak akan pernah habis untuk dieksplorasi, dikembangkan dan dijadikan media pembelajaran yang menarik bagi anak-anak. Alam mengajarkan banyak hal tentang kehidupan, tentang nilai-nilai, tentang kebaikan, dan kelebihannya, yang dikomunikasikan dengan bahasanya sendiri. Saat ini perkembangan teknologi informasi yang makin pesat telah menggeser pola perilaku sebagian anak, yang lebih banyak dipengaruhi oleh media elektronik dibanding berrelasi dengan alam lingkungannya. Tanpa disadari, telah begitu banyak yang terlewati oleh anak-anak dari kearifan alam dan lingkungan yang menjadi ruang hidup mereka.

Sebagai seorang hobiis anggrek, yang kebetulan memiliki 3 anak yang masih duduk di bangku sekolah, kadang terbersit keinginan untuk memperkenalkan anggrek kepada teman-teman sekolah mereka. Harapan kami sederhana. Ketika kita memulai mengenalkan tanaman anggrek pada anak-anak sedini mungkin, maka akan terbentuk kecintaan pada salah satu kekayaan hayati Indonesia ini. 

Ketika mendapat kesempatan untuk mengenalkan tanaman anggrek di sekolah anak-anak sebagai guru tamu, kami mulai membagikan pengetahuan kami kepada anak-anak. Dimulai dengan menunjukkan kepada mereka apakah tanaman anggrek itu, dimana mereka tumbuh, dan apakah kegunaannya, dan ditutup dengan ‘cara menanam anggrek’.

Metode yang kami pilih adalah learning by doing. Akan lebih mudah bagi mereka ketika mereka bisa melihat betapa bunga anggrek sangat cantik, bahkan mempraktekkan sendiri ternyata menanam anggrek tidaklah sulit. Tentu saja kami memilih jenis anggrek yang paling adaptif untuk ditanam anak-anak 🙂

Sampai sekarang, respon yang kami dapatkan sangat baik. Anak-anak selalu senang apabila tiba saat ‘menanam anggrek bersama’

Semoga hal kecil yang dilakukan ini akan bermanfaat bagi pendidikan anak-anak kita. Kami percaya, anak-anak yang tumbuh baik bersama lingkungannya, akan memiliki kearifan yang diperlukan dalam menjalani kehidupan mereka kelak.    

 

 

Leave a reply

 
 
loading