Tanaman Anggrek

How to Spot Tanaman Anggrek Gastrochilus


 

Posted on
Tuesday, January 19th, 2016
at 9:13 pm

Author
admin

Category
How To

Tanaman Anggrek

Klasifikasi Tanaman Anggrek :

Kingdom : Plantae

Divisi : Angiosperm

Class : Monocots

Ordo : Asparagales

Family : Orchidaceae

Genus : Gastrochilus

Gastrochilus adalah genus tanaman anggrek yang termasuk dalam sub famili Epidendroideae dan termasuk suku Vandeae. Genus tersebut terdiri dari 20 (dua puluh) jenis spesies dan tersebar hingga ke India dan Malaysia. Gastrochilus merupakan anggrek yang tumbuh simpodial pendek mirip dengan spesies dari genus Aerides.

Genus ini dikemukakan oleh David Don pada tahun 1825. Contoh spesies dari genus Gastrochilus adalah Gastrochilus acaulis, Gastrochilus acinacifolius, Gastrochilus affinis, Gastrochilus alatus, Gastrochilus bellinus, Gastrochilus calceolaris, Gastrochilus carnosus, Gastrochilus catinatus, Gastrochilus ciliaris, Gastrochilus formosanus, Gastrochilus fargesii, Gastrochilus gongshanensis, dan Gastrochilus intermedius.

Nama Gastrochilus memiliki arti perut. Hal itu mengacu pada bentuk bibir dari bunga ini yang mirip dengan bentuk berut dan berongga.

Tanaman dari genus Gastrochilus dalam dunia perdagangan hortikultura sering disingkat Gchls. Tumbuhan ini tersebar ke daerah zona iklim tropis dan subtropis di Asia. Tumbuhan ini juga dapat ditemukan di Filipina, Himalaya Barat, Himalaya Selatan, India, Sri Lanka, Cina, dan Jepang tepatnya di Honshu.

Tanaman ini tumbuh lebih baik saat digantung dalam keranjang, pada suhu yang hangat. Mengairi selama musim tanam dan mengurangi penyiraman selama masa berbunga. Tanaman harus di tanaman dalam media yang berdrainase baik seperti serat pohon pakis untuk anggrek kecil dan kulit kayu cemara serta spagnum moss untuk anggrek yang berukuran sedang dan besar.

Mahkota bunga dari anggrek Gastrochilus tebal dan tersedia dalam berbagai macam warna dan corak. Ada yang berwarna kuning terang, putih, hijau, kuning kehijauan, hijau kekuningan, kuning bercorak titik-titik coklat kemerahan, dan ada pula yang berwarna hijau dengan bercak-bercak coklat.

Bagian bibir dari mahkota bunga terdapat bulu-bulu halus dan menutupi permukaan bibir tersebut. Tumbuhan ini berbunga saat akhir musim semi hingga awal musim panas. Tinggi tanaman kurang lebih 15 (lima belas) cm.

Besar bunganya antara 3 (tiga) sampai 6 (enam) inchi atau antara 7 (tujuh) sampai 15 (limabelas) cm. Panjang daun kurang lebih antara 6 (enam) hingga 9 (sembilan) cm. Tumbuhan ini hanya memiliki beberapa daun saja. Batang ada yang pendek dan juga panjang.

Untuk mengenal dan menambah wawasan anda mengenai Tanaman Hias dan juga Anggrek silahkan baca artikel saya di Anggrek & Tanaman Hias: Anggrek-lintang.com

 

Tags: , , , , , ,

 

 

Leave a reply

 
 
loading