How to Spot Caularthron


 

Posted on
Wednesday, September 30th, 2015
at 8:26 am

Author
admin

Category
How To

Caularthron

Klasifikasi Caularthron:

Kingdom : Plantae

Divisi       : Angiosperm

Clas        : Monocots

Ordo       : Asparagales

Fami       : Orchidaceae

Genu      : Caularthron

Caularthron adalah salah satu genus dari tanaman anggrek yang memiliki empat species. Berikut ini adalah contoh spesies dari anggrek genus ini, Caularthrom amazonicum, Caularthron bicornutum, Caularthron bilamellatum, dan Caularthron kraenzlinianum.

Dalam bahasa perdagangan, anggrek ini sering disebut hanya dengan singkatan Cau saja. Semua jenis anggota genus ini merupakan termasuk tumbuhan anggrek kecil. Nama Caularthron berasal dari bahasa Yunani yang memiliki arti batang sambungan.

Genus ini hanya ditemukan di daerah tropis di wilayah selatan Meksiko, Amerika Tengah, Hindia Barat, dan bagian utara Amerika Selatan. Anggrek genus ini menyukai daerah yang hangat dan sinar matahari yang cukup.

Penyiraman pada musim panas sebaiknya di lakukan setiap dua kali dalam sehari, sedangkan saat musim dingin sebaiknya setiap media kering. Anggrek ini termasuk anggrek yang mudah untuk di kembangbiakkan.

Genus ini sering disilangkan dengan anggrek dari genus Caulocattleya. Tumbuhan ini terdistribusi hingga ke Trinidad, Tobago, Brazil, dan Amerika Selatan.

Tanaman ini juga mampu tumbuh dengan baik pada lingkungan rumah kaca, tentu saja dengan cahaya yang terang dan suhu yang tepat yaitu kurang lebih 30 derajat. Tumbuhan ini harus cukup kering saat memasuki musim dingin.

Tumbuhan ini merupakan anggrek yang hidup secara epifit yang memiliki bulbus berongga seperti rumah semut. Umbi atau bulbus dari anggrek ini berbentuk gelondong dengan ukuran kurang lebih 30 x 6 cm.

Setiap umbi terdapat batang berbentuk lonjong, elips, dan tumpul dengan ukuran 20 x 5 cm. Bunga tumbuh pada bagian terminal, tegal dengan panjang tangkai dapat mencapai 65 cm.

Setiap tangkai bunga dapat memiliki bunga antara 4 hingga 20 kuntum bunga yang berwarna putih bersih. Sepal dari spesies ini berbentuk oval dengan ukuran 3,2 x 1,8 cm.

Bibir mahkota bunga dapat mencapai 2,8 x 1,5 cm. Anggrek ini berbunga saat akhir bulan Mei sampai Juni. Bunga dapat bertahan hingga beberapa minggu. Bunga dari jenis anggrek ini mempunyai aroma seperti jeruk atau citrusy.

Jika ingin melihat bagaimana cara menanam dan juga ingin lebih tau tentang taman hias atau khususnya Anggrek, silahkan kunjungi Anggrek-lintang untuk menambah wawasan tentang Tanaman hias dan juga Anggrek.

Tags: , , , ,

 

 

Leave a reply

 
 
loading