cara menanam bunga anggrek

Cara Menanam Bunga Anggrek Dalam Pot


 

Posted on
Wednesday, November 14th, 2018
at 3:05 pm

Author
admin

Category
How To

Cara menanam bunga anggrek dalam pot secara sederhana akan di jelaskan dalam tulisan ini. Kami dari team anggrek-lintang.com sering mendapat pertanyaan bagaimana cara menanam bunga anggrek ini. Tanaman anggrek dalam pertumbuhannya tidak memerlukan banyak tempat seperti tanaman bunga lainnya. Dalam menanam tanaman anggrek pun, tidak selalu hanya memerlukan media pot. Namun anggrek juga bisa tumbuh dengan cara menempel pada tanaman lain. Karena tanaman Anggrek adalah Epiphyt, maka anggrek bisa tumbuh di tanaman lain tanpa mengganggu tanaman lain yang ditempeli. Menanam anggrek memang gampang-gampang susah, dibutuhkan kesabaran, ketelatenan dan konsentrasi. Satu hal penting yang harus diperhatikan dalam menanam tanaman anggrek ialah pastikan akarnya tidak busuk, karena hal tersebut akan berdampak pada kematian tanaman.

Cara menanam tanaman anggrek dengan media pot adalah yang paling populer dilakukan para hobiis ataupun petani anggrek. Untuk menanam tanaman anggrek seperti ini, dibutuhkan teknik tersendiri.  Berikut ini hal-hal yang harus disiapkan untuk menanam anggrek:

  • Siapkan Pot

Hal pertama yang harus dilakukan ialah menyiapkan tempat untuk menanam tanaman anggreknya. Tempat untuk menanam bisa menggunakan pot yang terbuat dari plastik atau tanah liat. Pastikan pot yang digunakan bukan pot bekas tanaman lain, karena kotoran bekas jamur, lumut, dan bakteri bisa mengganggu pertumbuhan anggrek nantinya. Kalaupun menggunakan pot bekas, pastikan pot nya dibersihkan dengan baik.

  • Siapkan tiang penahan

Setelah menyiapkan pot, hal selanjutnya yang harus disiapkan ialah tiang penahan. Hal ini digunakan untuk menyangga tanaman anggrek agar tidak goyang saat disiram atau ketika sedang melakukan perawatan anggrek. Tiang penahan yang paling tepat digunakan adalah kawat. Pastikan kawat yang digunakan memiliki diameter 2 hingga 4 mm. Tiang ini bisa dilepas ketika anggrek sudah kuat untuk hidup di pot.

  • Media untuk menanam anggrek

Lalu yang terakhir, siapkan media untuk menanam anggrek. Beberapa hal berikut ini dapat digunakan sebagai media menanam anggrek, antara lain: potongan pakis, arang kayu, atau sabut kelapa.

Setelah semua bahan siap, pasanglah tiang penahan hingga menyentuh dasar pot. Setelah itu isi pot dengan media tanam yang dipilih. Kemudian letakkan anggrek diatas media tersebut. Pastikan akarnya menyebar rata, dan ikat batang anggrek dengan tiang penahan yang sudah dipasang.

http://www.anggrek-lintang.com adalah catatan tentang memelihara anggre

 

 

Leave a reply

 
 
loading