bunga anggrek

Bunga Anggrek Ciri Dan Jenisnya


 

Posted on
Sunday, November 11th, 2018
at 9:10 pm

Author
admin

Category
How To

Bunga Anggrek atau nama latinnya Orchidaceae merupakan tumbuhan berbunga dengan jenis terbanyak, yang paling sering ditemukan di daerah tropis dan tersebar luas dari daerah tropika basah hingga sirkumpolar. Di daerah tropis, biasanya bunga anggrek hidup dengan cara menumpang pada tumbuhan lain sebagai tempat hidupnya. Anggrek yang menempel pada tumbuhan lain dapat hidup dari embun dan udara lembab. Sedangkan di daerah beriklim sedang, untuk beradaptasi terhadap musim dingin, bunga anggrek biasanya tumbuh di tanah dan membentuk umbi. Tanaman anggrek biasa ditemukan di bawah naungan tumbuhan lain, karena anggrek menyukai cahaya matahari tidak langsung. Organ-organ tanaman anggrek yang cenderung tebal dan berdaging, menjadikannya bisa hidup di situasi dengan ketersediaan air yang rendah. 

Ciri-ciri bunga anggrek berikut ini menjelaskan hal-hal yang menjadikannya berbeda dari tanaman lain sehingga mudah dikenali:

  • Batangnya yang beruas-ruas
  • Bentuk daun yang umumnya oval dengan tulang daun yang memanjang. Serta dapat menebal karena berperan sebagai tempat penyimpanan air.
  • Memiliki akar serabut yang tidak dalam.
  • Ragam bentuk bunga yang bermacam-macam namun khas, menjadikan bentuknya berbeda dengan bunga pada tumbuhan lain.
  • Untuk buah anggrek sendiri, bentuknya seperti kapsul dengan warna hijau, yang ketika sudah masak akan mengering dan terbuka dari samping
  • Biji dari anggrek ini sendiri tergolong kecil sehingga mudah terbawa angin.

Manfaat tanaman anggrek pun tak kalah ragamnya. Walaupun biasa digunakan sebagai hiasan ruangan atau taman, namun tanaman anggrek juga bermanfaat untuk hal lainnya. Seperti misalnya karena keindahan dan kemewahan bunganya, sehingga anggrek digunakan sebagai simbol rasa cinta. Selain itu salah satu jenis anggrek, Gastrodia elata, digunakan sebagai salah satu sumber obat-obatan di Cina sejak 2800 SM. Yang terakhir, tanaman anggrek juga dijadikan sebagai bahan makanan. Vanili atau nama latinnya Vanilla planifolia,  merupakan salah satu keluarga anggrek yang digunakan sebagai bahan penyedap kue dan juga bahan pembuatan aroma terapi hingga parfum.

Lalu yang terakhir, terdapat beragam jenis dari tanaman anggrek yang penyebutan tipenya bisa menggunakan nama genusnya saja. Hal tersebut dikarenakan banyaknya hibrida antar spesies dan juga antargenus yang sudah dibuat. Berikut ini nama-nama genus anggrek hias yang akrab dikalangan masyarakat:

  • Cattleya. Bunganya yang besar dan spektakuler menjadikannya favorit untuk dikoleksi.
  • Dendrobium. Tanaman anggrek hias yang cukup populer dibandingkan dengan jenis lainnya.
  • Grammatophylum. Dikenal dengan nama lokal Anggrek macan/tebu Raksasa.
  • Oncidium. Merupakan bagian dari Anggrek Golden Shower.
  • Phalaenopsis. Anggrek yang popularitasnya hampir menyaingi Denrobium.
  • Spathoglottis¬†. Merupakan Anggrek Tanah.

web http://www.anggrek-lintang.com adalah catatan tentang pemeliharaan dan perawatan tanaman hias.

 

 

Leave a reply

 
 
loading